1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Masyarakat diimbau tak gunakan kantong kresek untuk daging kurban

Kantong berwarna transparan relatif lebih aman

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 24 Agustus 2017 16:00

Merdeka.com, Makassar - Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam mengemas daging kurban saat hari raya Idul Adha. Dengan alasan kesehatan, diimbau agar menghindari kantong kresek terutama yang berwarna hitam.

Kepala DPP Kota Makassar Abdul Rahman Bando mengatakan, kantong kresek berwarna hitam umumnya terbuat dari bahan daur ulang berbahan plastik sampah. Selain itu juga terkontaminasi dengan bahan pewarna yang berbahaya bagi kesehatan dalam waktu yang lama.

“Kantong ini gampang luntur jika bersentuhan dengan benda tertentu, seperti daging. Jangan sampai jadi terkontaminasi,” katanya di Makassar.

Rahman mengatakan, sebelumnya pemerintah juga telah mensosialisasikan tentang bahaya kantong kresek. Antara lain kepada perwakilan panitia-panitia masjid se-Kota Makassar, panitia hari Raya Islam dan panitia-panitia penyelenggara hewan kurban se-Makassar.

Dalam sosialisasi itu, masyarakat diimbau menggunakan kantong plasik benting. Sebab barang ini dianggap relatif lebih aman.

“Yang ini relatif tidak menggunakan bahan pewarna saat dibuat,” ujarnya. (NIA)

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA