1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Dukung penyintas, Pemkot Makassar luncurkan aplikasi Teman Kanker

"Kanker bukan hanya dilawan dengan obat, tapi juga dengan semangat," kata walikota Danny

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 17 September 2017 13:45

Merdeka.com, Makassar - Bertepatan dengan bulan peduli kanker anak internasional pada September, Pemerintah Kota Makassar bersama dengan IBM Indonesia, Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI), Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), dan Rumah Sakit Kanker “Dharmais”, meluncurkan aplikasi peduli kanker bernama TemanKanker. Aplikasi diluncurkan pada acara Car Free Day, Minggu (17/9/17) di Pantai Losari, Makassar.

Acara ini merupakan kerjasama IBM Indonesia dan YOAI dengan Pemerintah Kota Makassar untuk mendorong kepedulian masyarakat akan kanker.

TemanKanker adalah platform aplikasi digital yang menghubungkan semua pihak peduli kanker, mulai dari pasien & survivor kanker, dokter hingga masyarakat umum di Indonesia.

Melalui platform ini, pengguna dapat mengakses informasi seperti jenis-jenis kanker, gejala, informasi rumah sakit serta terhubung dengan dokter spesialis kanker.

Pasien, survivor, dokter, relawan, dan masyarakat umum juga dapat saling berdiskusi melalui fitur chat sehingga interaksi terasa personal. Melalui aplikasi ini pun, pengguna dapat membaca tips dari dokter, kisah survivor kanker dan berita terkait kanker lainnya yang inspiratif.

"Aplikasi yang bertujuan untuk mendukung semua pihak yang memiliki kepedulian terhadap kanker di Indonesia ini sudah dapat diunduh dan diakses secara gratis," ucap ujar Vina D Kasim, Country Marketing Leader, IBM Indonesia.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto, mengatakan kanker merupakan penyakit yang harus diperhatikan. Kanker bukan hanya dilawan dengan obat tapi harus dilawan dengan semangat.

"Saya juga punya pengalaman soal ini. Maka dengan itu yang semua hadir disini kita harus paham dengan dengan penyakit ini agar kita dapat cegah dan deteksi sedini mungkin," ungkapnya.

Kata Danny, kesempatan yang baik ini merupakan moment yang untuk membuat masyarakat sadar akan pentingnya mencegah. Olehnya itu melalui temankanker ini diharapkan dapat terbentuk suatu ekosistem yang kuat, sehingga dapat meningkatkan kepedulian dan pencegahan terhadap penyakit kanker.

 Aplikasi ini merupakan hasil inisiatif dan kolaborasi dari berbagai pihak. Sebagai bagian dari rangkaian 80 tahun IBM di Indonesia melalui Corporate Citizenship & Corporate Affairs (CC & CA), tahun ini membangun aplikasi TemanKanker yang kemudian akan dihibahkan pada YOAI. Bersama dengan YOAI, turut serta pula YKPI dan RS Kanker “Dharmais” yang berkolaborasi memperkaya konten aplikasi ini.

Lanjut Vina berharap, aplikasi TemanKanker dapat menjadi bagian penting dimana masyarakat Indonesia dapat menarik manfaatnya untuk lebih mengenal, mengantisipasi, dan saling mendukung.

Hal ini juga merupakan bukti teknologi dapat berperan penting dalam membangun kepedulian sesama di segala bidang, seperti kesehatan Melalui TemanKanker.

Harapannya, ekosistem ini dapat saling mendorong kesadaran akan penyakit kanker, melakukan tindakan preventif, dan membantu proses penyembuhan pasien kanker yang ada di Indonesia.

Sekitar 80.000 peserta turut memeriahkan peluncuran perdana aplikasi TemanKanker dengan melakukan kegiatan fun walk. Aplikasi ini akan menjadi sebuah kampanye yang sosialisasinya akan bergulir di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Setelah di Makassar, aplikasi TemanKanker akan diperkenalkan di kota Solo pada tanggal 22 Oktober 2017 mendatang. Mari kita peduli terhadap kanker.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Vina D Kasim Country Marketing Leader IBM Indonesia, Ketua umum Yayasan Onkologi Anak Indonesia, Rahmi Tahir, Dirut RS Unhas, Andi Fachruddin, perwakilan Muri Jakarta, Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail.(NIA)

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA