1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Cegah insomnia dengan cara ini

Batasi konsumsi kafein pada siang dan sore hari

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 26 Juli 2016 17:33

Merdeka.com, Makassar - Hampir setiap orang menginginkan tidur yang lelap dan berkualitas di malam hari. Namun ada-ada saja yang menyebabkan mata sulit terpejam. Sebagian orang lalu mengalami insomnia, yang merupakan ketidakmampuan untuk tidur atau memiliki kualitas tidur buruk yang berlangsung selama beberapa hari, bahkan hingga beberapa minggu.

Terdapat berbagai macam tipe insomnia, yakni tidak bisa tidur, sering terbangun, terbangun terlalu awal, mengalami tidur yang tidak lelap, atau kombinasi dari beberapa hal di atas. Insomnia yang berlangsung lama akan berpengaruh terhadap kesehatan, hingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, rasa lelah dan kantuk akibat insomnia tersebut akan menurunkan performa Anda ketika Anda bekerja ataupun belajar.

Lalu, apa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah insomnia? Berikut sejumlah tips yang kami sadur dari Klik Dokter:

Ubahlah suasana kamar
Pastikan Anda mempunyai ranjang yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan. Ranjang yang tidak nyaman akan menyebabkan masalah pada otot dan tulang sehingga dapat mengganggu tidur Anda.

Apabila kamar tidur Anda dirasakan terlalu berisik atau terlalu terang, ubahlah suasana tersebut. Buatlah suasana yang tenang dan gelap di dalam kamar, serta perhatikanlah juga kelembapan dan ventilasi udara. Pasalnya, udara yang terlalu kering akan membuat hidung Anda menjadi kering dan mudah teriritasi sehingga menyebabkan ketidaknyamanan ketika Anda tidur.

Tidur di ranjang
Gunakanlah ranjang hanya untuk tidur. Hindari menggunakan ranjang untuk menonton TV, makan, bekerja, atau melaukan aktivitas lainnya.

Siklus bangun tidur
Tubuh Anda akan secara otomatis menyesuaikan jadwal Anda sehingga Anda akan mengalami kantuk pada saat yang tepat dan bangun pada saat yang tepat pula. Hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan siklus tidur-bangun yang teratur adalah dengan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan.

Hindari tidur siang
Tidur di siang hari akan membuat Anda menjadi kesulitan tidur di malam harinya. Selain itu, tidur yang panjang di akhir pekan juga akan merusak jam tidur Anda, dan dapat memperburuk insomnia di hari lainnya.

Kurangi kafein
Batasi konsumsi kafein pada saat siang dan sore hari. Ingat, makanan yang mengandung kafein bukan hanya kopi, tetapi juga teh, cokelat, minuman bersoda, dan minuman lain yang sejenis. Apabila Anda mengonsumsi alkohol, awasilah konsumsi alkohol Anda. Jangan meminum minuman beralkohol beberapa jam sebelum Anda tidur. Pasalnya, hal ini dapat merusak jam tidur Anda sehingga akan berujung pada tidur yang tidak berkualitas. Berhentilah merokok karena rokok bisa memperburuk insomnia.

Olahraga dan makan teratur
Berolahragalah secara teratur di siang hari, baik olahraga ringan ataupun olahraga berat, sesuai dengan kemampuan Anda. Namun, hindarilah untuk berolahraga berat sebelum Anda tidur. Hindari untuk makan sebelum tidur. Makan sebelum tidur akan membuat lambung Anda menjadi tidak nyaman dan bisa mengganggu tidur Anda. Sebelum tidur, lakukanlah aktivitas yang membuat relaks tubuh Anda, seperti membaca, mendengarkan musik, ataupun menonton televisi.


(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA