1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Jangan berlebihan minum saat berbuka, ini dampaknya

Disarankan tetap memenuhi kebutuhan delapan gelar air minum setiap hari

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 13 Juni 2017 12:33

Merdeka.com, Makassar - Saat berpuasa, kita sudah tentu merasakan haus karena tidak mengkonsumsi cairan apa pun seharian. Sebagai penawar dahaga, banyak orang yang langsung minum banyak air saat berbuka.

Memang, kerongkongan akan terasa lebih segar dan rasa haus akan sirna. Sayangnya, terlalu banyak minum air saat berbuka ternyata bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh.

Seperti dikutip dari Dokter Sehat, Pakar kesehatan yang ahli di bidang gizi bernama dr. Dian Permatasari menyebutkan jika terlalu banyak minum dalam waktu yang singkat bisa meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan overhidrasi.

Memang, overhidrasi sangat jarang terjadi pada mereka yang memiliki kondisi tubuh yang sehat, namun ada baiknya kita tidak menyepelekan masalah kesehatan ini bukan?

Di bulan puasa seperti sekarang ini, dr. Dian menyarankan kita untuk tetap memenuhi kebutuhan air minum harian, yakni sekitar 8 gelas atau dua liter air per harinya. Mengingat di siang hari kita tidak minum sama sekali, maka kita harus pandai-pandai mengelola asupan air setelah berbuka puasa. Sebagai contoh, kita bisa mengkonsumsi 2 gelas air saat berbuka puasa.

Setelahnya, kita bisa mengkonsumsi 4 gelas air diantara waktu berbuka hingga kita tidur. Sementara itu, saat sahur kita cukup meminum 2 gelas air saja.

Bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau gangguan pada ginjalnya, terlalu banyak minum air memang bisa menyebabkan mereka terkena overhidrasi. Hal ini terjadi karena banyaknya cairan yang masuk membuat kadar natrium dalam darah menurun drastis.

Padahal, natrium memiliki peran besar dalam menjaga keseimbangan cairan pada bagian dalam dan luar sel tubuh. Jika hal ini terjadi, maka cairan yang ada di luar sel akan memasuki bagian dalam sel dan membuat sel-sel tubuh membengkak dan menyebabkan sesak nafas. Dalam beberapa kasus yang jarang, hal ini bahkan bisa menyebabkan kematian.

Melihat adanya fakta mengerikan ini, ada baiknya memang kita minum air secukupnya saja dan tidak menerapkan cara balas dendam saat berbuka puasa.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA