1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Penyakit ini sering mengintai di masa mudik

Pastikan istirahat yang cukup serta konsumsi makanan yang sehat

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 02 Juli 2016 17:00

Merdeka.com, Makassar - Jelang akhir Ramadan, orang biasanya mulai disibukkan berbagai aktivitas. Salah satunya mudik atau perjalanan pulang berlebaran di kampung.

Berbagai pengalaman didapatkan saat mudik. Mulai dari yang menyenangkan hingga yang menyebalkan seperti gangguan kesehatan. Ada beberapa penyakit yang biasanya menghantui selama perjalanan. Berikut kami sajikan beberapa di antaranya, beserta tips untuk mengantisipasi.

Pastikan juga kondisi kesehatan Anda fit sebelum menempuh perjalanan panjang ke kampung halaman.

Mabuk
Ini salah satu masalah yang paling sering ditemui saat mudik, baik di jalur darat maupun laut.  Guncangan selama perjalanan membuat perut terasa mual hingga terasa hingga naik ke kepala. Untuk mencegahnya, sediakan obat anti mabuk sebelum berangkat. Bisa juga dengan mengkonsumsi buah rasa asam seperti asam, jeruk, untuk meminimalisir mabuk.

Diare
Masalah gangguan kesehatan ini disebabkan banyak hal. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang tidak higienis. Biasanya terjadi karena pemudik makan di jalan. Untuk meredakan diare atau menangkalnya, kamu bisa mengonsumsi teh pahit.

Dehidrasi
Terlalu lama di mobil atau angkutan umum dengan cuaca yang panas ditambah kurang minum bisa bikin dehidrasi. Agar tidak mengalaminya, sebaiknya minum air putih yang cukup minimal 8 gelas per hari.

Masuk angin
Terlalu lama beraktivitas seperti menyetir, kurang tidur, dan berbagai hal lainnya bisa membuat kondisi kesehatan menurun. Masuk angin seringkali menyerang para pengendara mudik, terutama bagi yang pergi menggunakan motor. Selalu sempatkan istirahat yang cukup sebelum dan selama perjalanan.

Radang tenggorokan
Saat mudik biasanya Anda kurang istirahat. Selain itu, keinginan untuk mencicipi makanan khas, sampai makanan paling populer di perjalanan dan di tempat tujuan juga bisa bikin kesehatan terganggu. Ujung-ujungnya, bisa membuat radang tenggorokan. Solusinya? Jangan terlalu berlebihan saat makan, kurangi minum air es dan perbanyak minum air putih.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA