1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Danny ajarkan tari Gandrang Bulo ke anak-anak Spanyol

Tari yang menjadi simbol keceriaan orang-orang Makassar

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 05 Juni 2016 11:20

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto memimpin langsung perkenalan kekayaan budaya Makassar kepada masyarakat Spanyol, dengan membuka pameran Solidario Indonesia bertajuk Makassar Day di ibu kota negara, Madrid, Sabtu (4/6) waktu setempat.

Pada salah satu sesi pameran, Danny yang mengenakan pakaian adat Bugis - Makassar mengajari anak-anak Spanyol cara memperagakan tarian etnis Makassar, Gandrang Bulo. Gandrang sendiri merupakan tarian simbol keceriaan orang-orang Makassar yang diselipi dengan berbagai humor yang memancing tawa penontonnya.

"Dulu, tarian ini merupakan pembangkit semangat perjuangan yang kemudian menjadi kesenian rakyat yang amat populer," kata Danny seperti dilaporkan Kepala Bagian Humas Pemkot Makassar Firman Hamid Pagarra lewat pesan Whatsapp.

Danny berharap keceriaan dan ke ramahan orang-orang Makassar bisa dikenalkan melalui momen seperti ini sehingga kedatangan wisatawan mancanegara bisa meningkat, utamanya dari Negeri Matador.

Hari pertama pembukaan Makassar Day ini berlangsung sangat meriah. Masyarakat Madrid begitu antusias memadati dan menyaksikan aneka pertunjukan kebudayaan serta kesenian Makassar.

Tak ketinggalan mereka juga tampak mengantri sekedar untuk mencicipi kuliner Makassar seperti sate, konro, coto, dan onde-onde yang disuguhkan beserta cara membuatnya. "Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menyatakan ingin menjadikan Makassar seperti Singapura dalam hal menyedot kunjungan wisatawan mancanegara," ujar Firman.

Menurut Firman, Singapura berhasil mengembangkan industri pariwisatanya dan banyak menyedot minat para turis internasional karena didesain dengan begitu baik. Karena itu, ia menilai jika Makassar didesain secara kreatif dan diperkenalkan melalui kegiatan yang sama di berbagai tempat maka pastilah mampu menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke kota ini.

(AP)
  1. Serba-serbi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA