1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Ini pentingnya nomor layanan 112 bagi warga Makassar

Semua keperluan layanan darurat bisa diakses melalui nomor tunggal

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 11 April 2017 15:57

Merdeka.com, Makassar - Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Kota Makassar menggelar temu wartawan dan diskusi nomor tunggal panggilan darurat (NTPD) 112, di Colonial Hotel jalan Metro Tanjung Bunga Makassar, Selasa (11/4).

Kepala Dinas Kominfo Makassar Ismail Hajiali menyatakan program NTPD 112 merupakan inovasi terkini Pemkot yang memudahkan akses pelayanan bagi masyarakat. "Layanan ini (112) tetap bisa diakses sekalipun tanpa pulsa, tanpa kuota, tanpa jaringan, bahkan tanpa sim card, jadi segalanya akan lebih mudah,” kata Ismail.

Di Makassar, nomor panggilan 112 disiapkan untuk kepentingan darurat seperti kebakaran, gangguan keamanan, kecelakaan, dan berbagai peristiwa lainnya.

Nomor tunggal panggilan darurat diharapkan jadi solusi keamanan bagi masyarakat. Nomor tersebut terintegrasi dengan berbagai instansi pelayanan masyarakat terdekat, sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan mencari pertolongan saat keadaan darurat.

Nomor darurat 112 bisa diakses secara gratis dari semua layanan operator telekomunikasi. Masyarakat yang menghubungi akan dilayani operator untuk menjelaskan masalah yang dialami. Operator kemudian mengarahkannya dengan pihak terkait pengaduan.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto  mengungkapkan, nomor 112 terintegrasi dengan pusat penyampaian informasi di lantai 10 Balai Kota Makassar. Masyarakat dapat mengaksesnya dengan gratis melalui berbagai layanan operator telekomunikasi. Aduan akan diteruskan kepada instansi maupun lembaga bersangkutan, seperti Kepolisian, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan lain-lain.

Adapun aduan yang bisa disampaikan antara lain banjir, kebakaran, kecelakaan, kesehatan, kriminal, bencana alam, gangguan keamanan dan ketertiban, serta kerusuhan.

"Sebelum ini masyarakat mengalami kendala dalam menginformasikan bencana, karena layanan telepon yang tersedia kerap membingungkan. Siulit menghafalkan berbagai nomor kontak yang berbeda-beda. Makanya semua dialihkan ke 112," ujar Danny. (NIA)

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA