1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Jelang arus mudik, pelabuhan Makassar siap hadapi lonjakan penumpang

Terminal bisa menampung hingga empat ribu orang

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 18 Juni 2017 13:07

Merdeka.com, Makassar - Jelang arus mudik, pelabuhan Makassar siap hadapi lonjakan penumpang

PT Pelindo IV (Persero) telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi lonjakan penumpang kapal laut di Pelabuhan Makassar, yang diprediksi akan terjadi pada H-20 Lebaran kali ini.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan tahun ini cukup banyak persiapan dan pembenahan fasilitas, khususnya di Pelabuhan Makassar, yang dilakukan pihaknya untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

“Di antaranya, kami sudah menyiapkan ruang menyusui, kipas angin khusus, AC di ruang tunggu terminal penumpang di lantai satu dan dua, ruang kesehatan, tempat chas telepon genggam, air kran yang bisa langsung dikonsumsi, toilet yang senantiasa bersih, mushola berikut perlengkapan sholat dan kursi roda untuk penyandang disabilitas,” kata Doso Agung.

Selain menyiapkan fasilitas untuk para pemudik yang menggunakan moda transportasi kapal laut, Pelindo IV juga memperhatikan faktor keamanan yang diperketat dengan tidak membiarkan penumpang bertumpuk di ruang tunggu. “Tim pengamanan dibantu pihak dari kepolisian akan bekerjasama menjalankan tugasnya masing-masing, sehingga tidak akan ada lagi penumpukan penumpang di ruang tunggu. Hanya penumpang yang ingin berangkat saja yang dipersilahkan masuk ke ruang tunggu yang sudah difasilitasi.”

Selain itu lanjut Doso Agung, keamanan di Pelabuhan Makassar juga didukung kamera CCTV yang siap memonitoring semua pergerakan penumpang dari mulai pintu masuk pelabuhan hingga naik ke kapal.

“Terminal penumpang yang tersedia sudah standar internasional, yang telah dilengkapi antara lain dengan garbarata atau jembatan penghubung dari ruang tunggu terminal penumpang ke pintu masuk kapal,” ujar Dirut Pelindo IV.

Juga telah tersedia travelator, connecting bridge, serta fasilitas lain untuk kenyamanan penumpang di terminal yang siap menampung hingga 4.000 orang.

Selain telah melakukan penataan arus penumpang embarkasi (keberangkatan) dan debarkasi (kedatangan), Pelindo IV juga sudah melakukan penataan pedagang kaki lima (PK5) di area Pelabuhan Makassar, pemasangan CCTV sebanyak 9 titik di sisi dermaga, 18 titik di terminal penumpang lantai satu dan dua, serta 16 titik di area PK5 dan tidak ada lagi pedagang asongan yang berkeliaran di area dermaga dan terminal penumpang, sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang kini lebih terjamin.

Dari sisi keamanan lanjut Doso Agung, pihaknya telah bekerjasama dengan aparat keamanan baik dari security internal Pelindo IV, Polres Pelabuhan, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) serta Lantamal dan K9 Polda Sulsel, juga telah memiliki alat keamanan seperti metal detector.

Adapun, posko terpadu yang mulai berfungsi pada H-20 juga akan dilengkapi dengan info cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) termasuk CCTV di sejumlah titik rawan.

“Semua fasilitas pendukung yang kami [Pelindo IV] siapkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang kapal, juga sebagai bagian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi bila nanti terjadi penundaan pemberangkatan karena kendala teknis,” beber Doso.

Bila ada penumpang yang mengalami penundaan keberangkatan kapal dan memiliki keterbatasan biaya, bisa memilih untuk menginap di pelabuhan.

Pihaknya memprediksi, tahun ini lonjakan penumpang saat mudik Lebaran akan mengalami peningkatan sekitar 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Di mana pada musim mudik tahun lalu, hingga H-3 Lebaran, penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Makassar mencapai kurang lebih 107.909 orang.

“Diperkirakan tahun ini jumlah penumpang mudik akan mencapai 114.384 orang.”

(AP)
  1. Transportasi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA