1. MAKASSAR
  2. KULINER

Mencicipi manisnya terang bulan anak presiden

Pengunjung bisa memilih jenis rasa toping sesuai toping

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 13 Agustus 2016 14:48

Merdeka.com, Makassar - Sejak akhir tahun 2015 orang-orang di media sosial ramai membicarakan Martabak Kota Barat atau yang dikenal dengan Markobar. Selain menawarkan martabak manis dengan varian kreasi toping menarik, menu kuliner ini juga terkenal karena dikembangkan Gibran Rakabuming Raka, anak sulung Presiden Indonesia Joko Widodo.

Markobar didirikan Arif Setyobudi di Solo, Jawa Tengah pada 1996. Sejak tahun lalu, Gibran bergabung, mengembangkannya secara profesional dan mulai merambah berbagai kota. Mulai dari Yogyakarta, Semarang, Jakarta, Bekasi, Surabaya, Bandung, dan Manado. Dan akhirnya, pada 3 Agustus 2016, kota Makassar menjadi tujuan ekspansi yang kesembilan.

Martabak manis Markobar
© 2016 merdeka.com/Instagram Markobar Makassar

Di Makassar, martabak manis umumnya dikenal dengan nama terang bulan karena bentuknya bulat menyerupai bulan. Jajanan ini berupa kue dari adonan berbahan utama terigu dan ragi yang menawarkan sensasi rasa manis. Sebagai pelengkap biasanya ditaburi dengan gula butir, susu, cokelat, keju, atau kacang.

Markobar terbilang berbeda dengan terang bulan pada umumnya. Dengan konsep kekinian, Markobar memanjakan lidah dengan tampilan ala pizza, yang ditaburi dengan beragam toping aneka rasa. Sensasi manis yang bersatu padu dengan kulit tebal nan renyah membuatnya jadi incaran, terutama kawula muda.

Markobar Makassar menawarkan menu standar berupa satu loyang terang bulang dengan delapan irisan. Setiap irisan ditaburi toping berkualitas tinggi dari merek terkenal. Ada keju Kraft dan tujuh cokelat berbeda rasa, masing-masing Ceres, Delfi, Silverqueen, Cadbury, Nutella, Kitkat, dan Toblerone. Satu loyang dihargai Rp 80 Ribu. Harga yang sama untuk topping empat rasa.

Martabak manis Markobar
© 2016 merdeka.com/Instagram Markobar Makassar

Pengunjung juga bisa memesan Markobar sesuai dengan selera. Ada menu full topping yang bisa ditebus mulai Rp 40 Ribu hingga Rp 110 Ribu. Dari menu standar, juga bisa meminta tambahan toping berupa Kitkat Green Tea atau Ovomaltine, hanya dengan menambahkan Rp 10 Ribu dari harga normal.

Markobar Makassar berdiri di Jalan Lombok 15B. Toko buka setiap hari, mulai pukul 17.00 hingga 23.00. Ada baiknya berkunjung ke sana sebelum malam untuk menghindari antrean panjang, mengingat tingginya rasa penasaran masyarakat akan menu kuliner ini. Bagi yang tidak ingin menunggu lama, bisa memesan nomor antrean sebelum mengunjungi toko. Tinggal menghubungi di nomor telepon 081354799977.

Tunggu apa lagi, pastikan Anda jadi orang yang lebih dulu merasakan sensasi manisnya terang bulan anak presiden di Makassar.

Martabak manis Markobar
© 2016 merdeka.com/Instagram Markobar Makassar

(AP)
  1. Zona Turis
  2. Kuliner Pilihan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA