1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pantai Losari akan dilengkapi pedestrian "bintang lima"

Pembangunan diikuti dengan proyek penghijauan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 18 Juni 2016 14:57

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengungkapkan rencana Pemerintah Kota membangun pedestrian di sepanjang Pantai Losari pada tahun ini. Untuk proyek itu Pemkot menyiapkan anggaran sekitar Rp 200 Miliar.

Pedestrian akan didesain senyaman mungkin agar pengunjung nyaman berjalan kaki di sepanjang Losari. Selain tampil cantik, fasilitas itu bakal mengakomodir berbagi kalangan, baik umum, penyandang disabilitas, lanjut usia, dan anak-anak.

Danny -sapaan Ramdhan- mengungkapkan, pembangunan pedestrian juga akan diikuti dengan proyek penghijauan atau penanaman pohon di sepanjang Losari. Pemkot tengah mempertimbangkan jenis pohon yang akan ditanam, namun kemungkinan besar dipilih jenis ketapang. Batang pohon ini bisa tumbuh menjulang hingga 4 meter dan merindangi dengan daunnya yang lebat dan besar.

"Dari perencanaan yang ada, kami yakin jika pedestrian yang akan hadir di Makassar adalah pedestrian bintang lima," kata Danny saat menghadiri peresmian bangunan baru Rumah Sakit Stella Maris di kawasan Pantai Losari, Sabtu (18/6).

Nantinya, pedestrian akan ditujukan sepenuhnya  bagi pejalan kaki serta aktivitas masyarakat seperti berolahraga maupun bersosialisasi. Tempat itu akan dibebaskan  dari pedagang kaki lima atau pun parkir kendaraan liar, yang seperti marak terjadi saat ini.

Selain rencana pedestrian, Pemkot Makassar juga merencanakan penataan pedagang kaki lima mulai tahun ini. Sebanyak 3.600 pedagang rencananya akan ditempatkan di lima titik sentra kaki lima yang disiapkan Pemkot. Itu agar lokasi berdagang tidak menimbulkan kesan semrawut, sekaligus menghadirkan kenyamanan bagi pembeli. (NIA)

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA