1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Singara’na Lorongta dipamerkan di Losari

Penerangan serupa direncanakan pada 10 ribu titik tambahan mulai tahun ini

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 09 Mei 2016 09:48

Merdeka.com, Makassar - Sebanyak 64 titik lampu dengan nama Singara’na Lorongta menerangi lokasi pameran Makassar City Expo di Anjungan Pantai Losari, Minggu (8/5) malam. Penerangan itu merupakan prototype salah satu program Pemerintah Kota di bidang infrastruktur ketenaga listrikan, yang digalakkan Dinas Pekerjaan Umum di 14 kecamatan untuk menerangi akses jalan lorong.

Sejak diprogramkan pada 2014 lalu telah terpasang 800 titik Singara’na Lorongta di Makassar. Rencananya, tahun ini ada 10 ribu titik tambahan, menyusul rencana Pemerintah Kota berfokus pada pembangunan infrastruktur.

Kepala Seksi Pemeliharaan Jaringan Lampu Jalan Dinas PU kota Makassar, M. Hajar Aswad menjelaskan, Singara’na Lorongta dirancang sebagai penerangan dengan fungi tambahan. Ada tiga lampu yang terpasang pada setiap tiang. Satu lampu utama jenis LED 10 watt, dan dua lampu aksesoris jenis akrilik 5 watt.

Adapun tiangnya setinggi 3,5 meter. Selain untuk penerangan juga dapat difungsikan sebagai wadah pot bunga gantung. Terdapat tiang kecil di bagian tengah yang dapat dimanfaatkan sebagai tiang bendera. “Sejauh ini respon masyarakat positif, karena manfaatnya bisa dirasakan langsung,” kata Hajar.

Event MC Expo 2016 digelar selama tiga hari, hingga hingga 11 Mei.  Pameran itu menampilkan capaian program pemerintah kota Makassar melalui 54 SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), lima Perusda (Perusahaan Daerah), dan 14 kecamatan. Beragam kegiatan mewarnai MC Expo 2016 diantaranya pameran hasil lomba Fotografi dua tahun pemerintahan Dany Pomanto - Syamsu Rizal, lomba Garden Iconic, Zikir Akbar bersama Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf dan berbagai pertunjukan seni yang menghibur. (NIA)

(AP)
  1. Pameran
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA