1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Warga Camba Berua gotong royong tanam obat

Tanaman juga membantu program penghijauan di sekitar pemukiman warga

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 19 Mei 2016 11:26

Merdeka.com, Makassar - Warga kelurahan Camba Berua, kecamatan Ujung Tanah, Makassar mengembangkan budidaya tanaman produktif untuk obat. Mereka memanfaatkan lahan dihalaman Posyandu setempat untuk ditanami aneka tumbuhan berkhasiat medis.

“Penanaman itu dilakukan secara gotong royong untuk melengkapi Lorong Garden,” kata Lurah Camba Berua, Reskianto, Rabu (18/5). Selain tanaman obat, lahan-lahan kosong di sekitar kawasan tersebut sebelumnya telah ditanami sejumlah tanaman hias dan buah.

Reski menjelaskan, penanaman tanaman obat dilakukan untuk memudahkan warga mendapatkan kebutuhan penawar medis di keluarga dengan biaya terjangkau, bahkan gratis. Dengan tanaman itu, warga bisa mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan kimia. Adapun tanaman juga bisa membantu penghijauan tempat pemukiman warga.

“Wilayah di sekitar lorong-lorong juga bisa lebih indah dan hijau, sehingga warga bisa semakin nyaman,” ujarnya.

Ketua RT03/RW04 kelurahan setempat,  Zainuddin menyebutkan, tumbuhan obat yang ditanam antara lain lidah buaya, kunyit, lengkuas. Tanaman jenis itu biasanya didapatkan warga di pasar-pasar tradisional. Khasiatnya untuk mengobati penyakit ringan yang biasanya diderita warga. “Warga ingin sesuatu hal yang baru di lorong mereka. Kalau di tempat lain lebih banyak menanam tanaman hias, warga di sini lebih memilih obat-obatan.”

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA