1. MAKASSAR
  2. SENI BUDAYA

Kiat wali kota Danny, bangkitkan gairah dengan musik klasik

Dia membiasakan anak-anaknya mendengarkan aransemen klasik sejak di dalam kandungan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 07 November 2016 06:57

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto punya kiat tersendiri saat merasa kehilangan gairah dan sulit berkonsentrasi. Yakni cukup dengan mendengarkan aransemen musik klasik.

Danny -sapaan Ramdhan- mengatakan musik klasik banyak membantunya di berbagai aktivitas. Tak hanya selama menjabat wali kota, melainkan juga saat masih aktif sebagai konsultan dan arsitek.

Saat kesulitan berkreasi mengembangkan titik menjadi garis pada kertas gambar, Danny cukup rehat sejenak dan menenggelamkan diri pada alunan musik klasik komposer dunia, seperti Mozzart dan Bach.

"Musik klasik dapat mengantarkan pengembaraan batin dan pikiran, sehingga ide untuk melahirkan karya arsitektur dapat mengalir dengan baik," kata Danny, saat menghadiri kompetisi musik klasik Piano Nusantara di Makassar, Minggu (6/11).

Lebih lanjut, Danny sepakat dengan anggapan bahwa musik klasik baik untuk membantu perkembangan psikomotorik anak sejak dalam masa kehamilan. Itu menjadi alasan dia dan istri, Indira Jusuf Ismail, membiasakan ketiga anaknya mendengarkan musik sejak masih dalam kandungan.

Yayasan Musik Sastra Indonesia bekerja sama dengan sekolah musik Grazioso Makassar menggelar kompetisi musik klasik Piano Nusantara di Makassar, Minggu (6/11). Ajang ini diikuti para pianis berusia 17 tahun sebagai ajang seleksi untuk berkompetisi pada kompetisi tingkat nasional di Jakarta.

Para peserta di Makassar bergantian memperlihatkan kebolehannya di depan juri yang merupakan pianis dunia asal Indonesia, Ananda Sukarlan.

Danny memuji banyaknya anak-anak Makassar yang mengikuti kompetisi tersebut. "Makassar dianugerahi banyak talenta yang luar biasa, termasuk anak-anak dengan bakat di bidang musik," ujarnya. (NIA)

(AP)
  1. Musik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA