1. MAKASSAR
  2. SENI BUDAYA

Puluhan band unjuk aksi di Rock In Celebes

Menghadirkan musik dari beragam genre, mulai rock dan metal, pop, reaggae, dan elektronik

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 19 November 2016 12:25

Merdeka.com, Makassar - Festival musik independen berskala nasional, Rock In Celebes 2016 digelar di area parkir terbuka Trans Studio Mall Makassar, mulai Sabtu (19/11) siang ini. Selama dua hari, puluhan band bakal bergantian tampil di panggung pertunjukan untuk menghibur pengunjung.

Gelaran ini sekaligus menjadi puncak Rock In Celebes Festival Tour 2016 yang hadir di 14 kota Indonesia. Promotor RIC, Hardinansyah menjaminnya sebagai event yang patut dihadiri karena dikurasi dengan baik, berisikan musisi lokal bertaraf nasional hingga internasional, serta dirangkaikan beragam program menarik dalam satu rangkaian festival.

Rock In Celebes menghadirkan berbagai jenis musik, tidak hanya rock dan metal tapi hingga pop, reggae, dan elektronik yang bisa dinikmati dalam dua hari penuh. Band yang dikonfirmasi bakal hadir mengibur antara lain, The S.I.G.I.T, Shaggydog, Seringai, Steven Jam, Navicula, Dialog Dini Hari, Pee Wee Gaskins, Stepforward, Kelompok Penerbang Roket, dan Revenge the Fate.

Selanjutnya ada Revenge, Down For Life, Poison Nova, Piston, Morganostic, Rollfast, Frontxside, Dead of Destiny, The Gamevoer, Iteneps, Emergency, Cosmogony, Metaforgana, Chicken Fighter, Eksekutor Mutilasi, Freezer, Prince of Mercy, Minor Bebas, Dead Standing, dan Scarlet Overkill.

Hardinansyah menjelaskan, Rock In Celebes yang konsisten digelar sejak 2010 tampil sebagai salah satu pencetus festival musik independen di Makassar. Sejak saat itu, banyak bermunculan festival musik mengusung konsep yang sama. "Ini membuktikan RIC sebagai pionir festival musik independen di Indonesia," kata dia.

Setiap tahun, RIC diselenggarakan dengan skala masif, baik dalam hal jumlah penampil dan penonton serta rangkaian program. Tidak hanya menampilkan musik-musik atau musisi baru, juga dihadirkan serangkaian kegiatan kreatif lainnya seperti art, style, serta marketplace dan conference. Pengembangannya pun tidak hanya di kota asal Makassar, tapi berkembang hingga menjadi tur festival ke beberapa kota besar di Indonesia.

Rock In Celebes terus memberi ruang kepada artis atau band-band baru hingga papan atas baik dari lokal, nasional maupun luar negeri yang telah memiliki penggemar dengan komunitas yang solid dan konsisten. "Kami berharap band lokal bisa merambah ke industri musik nasional," ujar Hardinansyah.

Untuk menikmati seluruh sajian Rock In Celebes, penonton cukup membayar tiket terusan dua hari senilai Rp 80 Ribu. Tiket tersebut bisa dibeli secara online di website resmi rockincelebes.com dan puluhan tiket box yang tersebar di Makassar.

(AP)
  1. Musik
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA