1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Agar tak mabuk perjalanan saat arus balik ke kota

Pastikan mengkonsumsi cukup makanan sebelum memulai perjalanan panjang

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 01 Juli 2017 13:03

Merdeka.com, Makassar - Usai lebaran, banyak orang berbondong-bondong untuk berangkat kembali ke kota, dalam arus balik. Padatnya arus membuat padat jalanan, sehingga Anda biasanya mengalami macet selama berjam-jam dijalan. Hal ini berpotensi menyebabkan Anda mengalami mual ataupun mabuk di perjalanan.

Mual saat perjalanan dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak, orang dewasa, maupun orang tua. Berbagai faktor penyebab terjadinya mabuk perjalanan, yang mengakibatkan Anda merasa mual, pusing bahkan dapat mengakibatkan pingsan, harus Anda ketahui sebelum bergulat dengan arus balik lebaran.

Agar Anda menikmati arus balik ke tempat kerja serta perjalanan menjadi menyenangkan tanpa mengalami mabuk perjalanan, sebaiknya Anda menyimak tips berikut, yang dirangkum dari Futuready:

Makan Secukupnya
Makan secukupnya merupakan salah satu cara mengatasi mual saat perjalanan arus balik. Saat Anda ingin melakukan perjalanan, sebaiknya jangan biarkan perut dalam keadaan kosong dan tidak diisi oleh apapun.

Saat perut kosong, lambung akan memproduksi asam secara berlebihan. Proses ini dapat membuat lambung menjadi iritasi dan merangsang efek mual pada tubuh. Lakukan makan 1 jam sebelum Anda berangkat, untuk mengatasi mual saat perjalanan.

Istirahat yang Cukup Sebelum Berangkat
Sebelum melakukan perjalanan jauh, ada baiknya Anda beristirahat yang cukup. Agar Anda tidak merasa pusing ketika perjalanan. Istirahat yang cukup dapat membuat kondisi tubuh relaks juga merupakan salah satu cara mengatasi mual saat perjalanan.

Konsumsi Produk Jahe
Cara mengatasi mual saat perjalanan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari jahe. Komposisi ini sangat berguna untuk menetralisir tubuh Anda agar tidak mual dan mabuk dalam perjalanan.

Jahe merupakan herbal alami yang membantu dan ampuh untuk mengurangi mual akibat mabuk perjalanan, baik yang langsung diparut maupun yang sudah menjadi serbuk.

Mengatur Napas
Melakukan teknik pernapasan dalam dapat menenangkan gejala mabuk Anda secara alami. Tutup mulut dan ambil napas dalam-dalam melalui hidung. Isi paru-paru dalam empat hitungan, kemudian tahan napas selama tujuh detik.

Setelah itu, hembuskan napas keluar melalui mulut selama 8 detik dan ulangi selama 3 kali. Selamat, Anda baru saja lakukan cara mengatasi mual saat perjalanan. Praktikkan juga teknik ini saat mengalami kemacetan di arus balik.

Minum Obat Anti Mabuk
Cara mengatasi mual saat perjalanan yang terakhir adalah minum obat anti mabuk yang banyak kita jumpai di toko-toko dan swalayan setempat. Untuk sebagian orang, obat ini dilansir ampuh dalam menghilangkan rasa mabuk perjalanan.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA