1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Ini dampak kesehatan tidur setelah makan sahur

Salah satunya memicu asam lambung

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 09 Juni 2016 20:15

Merdeka.com, Makassar - Bangun untuk makan sahur memang bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang menjalani Ibadah puasa. Sebab waktu untuk sahur adalah waktu tidur yang masih cukup nikmat. Tapi bagaimanapun kita tetap harus bangun untuk makan sahur. Makan sahur sangat penting karena merupakan kunci energi untuk menjalani puasa seharian.

Tak jarang, orang yang makan sahur langsung tidur setelahnya. padahal hal ini cukup berbahaya untuk kesehatan karena bisa mengganggu sistem kerja organ dalam mencerna makanan. Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan gangguan puasa, karena itu penting bagi Anda untuk tidak tidur setelah sahur. Langsung tidur setelah santap sahur bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, baik dalam jangka pendek maupun kedepannya nanti. Berikut di antaranya, seperti yang dirangkum dari situs manfaatpuasa:


Tenggorokan terbakar

Puasa dapat menyebabkan tenggorokan terbakar akibat refluks asam. Refluks asam ini terjadi saat katup antara perut dan esofagus tidak menutup sempurna. Kondisi ini terjadi ketika tubuh terbaring dalam kondisi perut penuh. Akibatnya asam lambung naik ke tenggorokan dan memunculkan sensasi seperti terbakar.

Dada terasa panas

Rasa panas pada dada juga bisa terjadi akibat bahaya tidur setelah makan sahur. Ketika tubuh sedang istirahat atau tidur, kondisi ini sebenarnya akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. Jika setelah  makan Anda langsung tidur, maka akan memicu sakit maag karena kadar asam lambung yang meningkat. Naiknya zat asam pada lambung juga akan menyebabkan rasa panas pada bagian dada.

Stroke

Stroke merupakan penyakit berbahaya yang ditakuti banyak orang. Resiko dari penyakit ini tidak main-main, dan bisa timbul dari hal sepele seperti kebiasaan tidur setelah makan. Menurut penelitian yang telah dilakukan, kebiasaan buruk langsung tidur setelah makan akan meningkatkan risiko terkena stroke. Karena itu, hindari kebiasaan tidur setelah makan, terutama saat makan sahur untuk puasa.

Bahaya tidur setelah makan sahur ini tergolong tidak sepele. Jadi jangan jadi kebiasaan sehingga merugikan kesehatan Anda sendiri. Lebih baik lakukan hal yang bermanfaat setelah makan sahur dan hindari tidur.

(AP)
  1. Kesehatan
  2. Ramadan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA