1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Lakukan aktivitas ini di malam hari agar berat badan turun

Agar lebih optimal, jaga pola makan

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 15 April 2017 18:00

Merdeka.com, Makassar - Berat badan ideal menjadi keinginan hampir semua orang. Namun bukan perkara mudah mendapatkannya. Banyak orang kesulitan menurunkan berat badan dengan alasan tak ada waktu berolahraga.

Agar menurunkan berat badan menjadi lebih mudah, lakukan enam aktivitas berikut ini di sela-sela kesibukan Anda, seperti yang disarankan dr. Alberta Jesslyn melalui klikdokter. Agar lebih optimal, jaga pola makan anda.

Tidur cukup
Tidur cukup bisa menurunkan berat badan. Menurut studi dari Annals of Internal Medicine, tidur selama 8,5 jam setiap malam akan mengikis lemak tubuh dua kali lipat dibandingkan dengan tidur hanya 5,5 jam. Hal ini bahkan tetap berlaku walau mereka membakar jumlah kalori yang sama pada siang harinya.

Berolahraga
Ada mitos yang berkata: “Olahraga malam membuat seseorang terjaga sepanjang malam”. Hal ini tidak benar.

Berdasarkan survei dari National Sleep Foundation, orang yang lebih aktif akan memilki 56- 67% kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini tidak bergantung pada kapan waktu berolahraga.

Siapkan bekal makan siang
Makanan restoran memiliki kalori hampir dua kali lipat dari masakan rumahan. Karena itu sebaiknya siapkan bekal makan siang sebelum tidur. Selain bisa membakar kalori, menyiapkan makanan juga menjamin Anda mengonsumsi makanan sehat.

Minum banyak air putih
Minum air putih dapat membuang racun dari tubuh Anda. Air putih juga bisa membantu membuang air yang menumpuk di tubuh. Namun, agar tidur tidak terganggu, minum lah banyak air putih sejam sebelum tidur.

Matikan lampu kamar tidur
Tubuh menghasilkan hormon melatonin ketika berada di ruangan gelap. Hormon ini penting untuk membakar lemak.

Tidur dengan ada sedikit lampu saja dapat mengurangi produksi hormon melatonin. Studi dari University of Oxford menemukan, wanita yang tidur di ruangan sangat gelap memiliki kesempatan 21% lebih rendah untuk menjadi obesitas dari wanita yang tidur di ruangan terang.

Bercinta
Selain bisa mempererat hubungan dengan pasangan, aktivitas ini dapat membantu membakar kalori. Sebuah studi dari University of Montreal menemukan, laki-laki membakar rata-rata sekitar 100 kalori dan wanita membakar 69 kalori saat bercinta selama setengah sampai satu jam. Semakin lama bercinta, semakin banyak kalori yang dibakar.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA