1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Pemandangan laut baik untuk kesehatan mental

Belum diketahui berapa waktu efektif untuk merasakan dampaknya

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 27 Mei 2016 13:25

Merdeka.com, Makassar - Percaya atau tidak, pemandangan laut bisa berdampak signifikan terhadap kesehatan mental anda. Demikian kesimpulan sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan jurnal Health & Place.

Riset yang dilakukan para ilmuwan di University of Canterbury, Selandia Baru, bersama dengan para peneliti dari Michigan State University menemukan bahwa pemandangan alam membantu dalam menurunkan tekanan psikologis yang meningkat.

Dalam temuan ini, para peneliti melibatkan 450 individu dari kota Wellington. Orang-orang ini telah dibiasakan dengan pemandangan biru dan hijau yang berbeda dari lokasi perumahan yang berbeda dalam kota. Untuk pemandangan biru, objeknya adalah Samudra Pasifik dan laut Tasman.

Peneliti membandingkan dua kelompok sambil mempertimbangkan jenis kelamin, usia, dan kekayaan. Kemudian ditemukan orang-orang di pemandangan biru cenderung memiliki tekanan psikologis yang lebih rendah. Penelitian ini juga menemukan bahwa pandangan dari "ruang hijau" seperti hutan, taman, atau bidang bermain tidak memiliki efek menenangkan yang sama.

Salah satu penulis studi, Amber Pearson mengatakan belum diketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan efek menenangkan pemandangan lautan biru. “Kami tidak mengukur bagaimana individu tinggal atau seberapa lama dia. Tapi yang pasti mereka memiliki efek yang sama,” kata dia seperti dikutip Lonely Planet.

Salah satu teori utama yang diajukan untuk efek menenangkan dari pemandangan laut dan laut adalah bahwa otak lebih mudah menemukan proses latar belakang alam. Pearson mengatakan: “(Itu) mengurangi rangsangan sensorik dan mempromosikan relaksasi mental. Tentunya relaksasi mental merupakan bagian dari tujuan perjalanan dan liburan. "

Meskipun tidak ada jaminan pemandangan laut untuk liburan pendek akan memiliki dampak yang diinginkan, sebagian besar responden mengatakan mereka mendapatkan efek menenangkan ajaib dari suara ombak yang memukul-mukul di pantai. Penulis penelitian mengatakan penelitian masa depan mungkin melihat apakah pemandangan air di tempat lain seperti danau besar memiliki efek yang sama.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA