1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemkot mulai tanam 3 ribu pohon di TPA Tamangapa

Makassar menargetkan Adipura yang ketiga kali berturut-turut

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 24 Oktober 2016 14:16

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota makassar Mohammad Ramdhan Pomanto memimpin penanaman tiga ribu pohon di Tempat Pembuangan Sampah Akhir Tamangapa, kecamatan Manggala, Senin (24/10). Bersama warga setempat dan jajaran Pemerintah Kota, dia secara simbolis mengawali gerakan penghijauan di lokasi yang dicanangkan sebagai TPA Bintang Lima.

Sepanjang Senin, sebanyak seribu pohon ditanam di sepanjang jalan masuk menuju areal pembuangan sampah di TPA. Pohon berjenis trembesi, mahoni, dan ketapang. Menyusul kemudian dua ribu lainnya berupa pohon stek batang sambung nyawa, yang di Makassar dikenal dengan nama kayu Tamalate.

Penanaman pohon bakal dilakukan secara bergelombang di 14 titik, sesuai jumlah kecamatan di Makassar.

Wali Kota Danny berharap penanaman pohon di TPA bisa menambah jumlah ruang terbuka hijau di Makassar. Hal ini juga bisa meminimalisir pengaruh bau dari gas metan yang dilepaskan sampah TPA ke udara, sehingga tidak menyebar ke penduduk sekitar.

“Yang lebih penting, penanaman pohon adalah gerakan gotong-royong antara pemerintah dan masyarakat. Ini ditujukan membangun sinergitas antara pemerintah dan warga di bidang lingkungan,” kata Danny.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Makassar Abdul Gani Sirman mengungkapkan bahwa penanaman 3 ribu pohon di TPA juga merupakan bagian strategi untuk mewujudkan target pemerintah kota meraih penghargaan Adipura untuk ketiga kali berturut-turut.

"Pemerintah bersama masyarakat bersatu mewujudkan capaian Adipura Paripurna tahun ini,” kata Gani.

Disebutkan, pada penilaian Adipura, pengelolaan TPA memiliki poin cukup besar. Adapun TPA Tamangapa Makassar saat ini melayani buangan sampah dari lebih dari 200 mobil angkut berbagai jenis yang tersebar di 14 kecamatan. (NIA)

(AP)
  1. Lingkungan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA