1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Syahrul pimpin upacara pertama Hari Lahir Pancasila

Dia menyebut prinsip kearifan lokal masyarakat Sulsel sudah tertuang dalam Pancasila

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 01 Juni 2017 12:59

Merdeka.com, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di halaman Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, jalan Sungai Tangka Makassar, Kamis (1/6). Upacara tersebut menjadi yang pertama kali dilaksanakan, sejak Presiden Indonesia Joko Widodo menetapkan 1 Juni sebagi hari libur nasional sekaligus Hari Lahir Pancasila.

Dalam amanatnya, Gubernur Syahrul menegaskan kearifan lokal masyarakat Sulsel berupa prinsip Siri' na Pacce sudah terjabar dalam Pancasila.

Menurut orang nomor satu di Sulsel itu, Siri Na Pacce merupakan filosofi hidup masyarakat Sulsel yang berarti menjaga harga diri serta kokoh dalam pendirian. Gubernur yang akrab disapa SYL ini juga mengatakan, Pancasila sudah final untuk Indonesia.

"Bangsa dan Pancasila bagi kita sudah final. Tidak boleh ada polarisasi bagi agama, suku dan adat istiadat," tegasnya.

Dia mengaku bangga dengan penyelenggaraan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila. Pada kesempatan itu, gubernur juga menyampaikan sambutan seragam Presiden RI Joko Widodo yang intinya bagaimana bangsa Indonesia memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan menjadikan acuan setiap sila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Peringatan hari lahir Pancasila itu dihadiri Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Latif, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel, pegawai, TNI, Polri, hingga anak sekolah.

Sebuah spanduk besar terletak di pojok kiri lapangan upacara bertuliskan, "Saya Indonesia, Saya Pancasila" memberi penegasan bagaimana komitmen bangsa Indonesia dalam memaknai Pancasila.

(AP)
  1. Peristiwa
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA