1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Minyak kelapa bisa menyuburkan rambut? Ini penjelasannya

Lemak yang dikandung minyak kelapa juga diproduksi tubuh manusia

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 28 Juli 2016 19:10

Merdeka.com, Makassar - Banyak orang tua yang mempercayai minyak kelapa sebagai penyubur rambut. Banyak bayi dan anak-anak kerap dioleskan minyak kelapa pada rambutnya dengan harapan akan tumbuh rambut yang tebal. Namun sebenarnya hal itu tidak tepat.

Dikutip dari Alodokter, hingga kini tidak ada studi yang mendukung bahwa minyak kelapa dapat membantu menyuburkan rambut. Salah satu bukti adalah banyaknya penggunaan minyak kelapa pada kulit tubuh untuk proses tanning (penggelapan kulit). Seorang ahli menegaskan, jika benar minyak kelapa berfungsi sebagai penyubur rambut, maka akan merangsang pertumbuhan rambut berlebihan pada tubuh.

Minyak kelapa mengandung lemak jenis asam laurat yang sebenarnya juga diproduksi oleh tubuh manusia. Beberapa penelitian mengungkapkan manfaat minyak kelapa ketika dioleskan di kulit, antara lain memperlambat pertumbuhan virus, bakteri dan jamur, serta bermanfaat sebagai anti radang.

Meski tidak dapat berfungsi sebagai penyubur rambut, namun peneliti menemukan manfaat asam laurat sebagai pelembap rambut ketika digunakan sebelum mencuci rambut. Utamakan minyak kelapa alami yang bebas bahan kimia untuk memperoleh rambut yang lembut, sehat, dan bercahaya.

Penelitian yang dilakukan membandingkan minyak kelapa dengan minyak bunga matahari dan minyak mineral. Minyak kelapa dengan kandungan asam laurat terbukti membantu mengurangi kekurangan protein pada rambut, sementara dua jenis minyak lainnya tidak memiliki manfaat yang sama.

Minyak kelapa mampu memasuki batang rambut, sehingga membantu mengatasi kerusakan yang terjadi. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk rambut yang kering karena pewarnaan atau hawa panas berlebihan. Manfaatkan minyak kelapa untuk rambut yang lebih lembap dan untuk mengatasi kekeringan pada rambut. Jika Anda memiliki masalah dengan rambut rontok dan membutuhkan penyubur rambut, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA