1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemkot fokuskan penghijauan ruas jalan

Sebanyak 1.965 pohon ditanam pada tahap pertama

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 29 Juli 2016 15:23

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah kota Makassar menargetkan memiliki kawasan hijau sebesar 40 persen dari luas kota pada akhir tahun 2016. Untuk mendukung program prioritas itu Pemkot melalui Dinas Pertamanan dan Kebersihan mulai fokus menghijaukan ruas-ruas jalan.

Kepala Bidang Penghijauan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Budi Susilo mengatakan, program penghijauan dibagi ke dalam dua tahap. Untuk tahap pertama rencananya ditanam 1.965 pohon. Pohon ini akan ditanam di sejumlah ruas jalan seperti Jenderal Sudirman, Monginsidi, Haji Bau, Pasar Ikan, Ahmad Yani, dan Masjid Raya.

“Kita targetkan rampung pada Agustus nanti,” kata Budi.

Budi mengungkapkan, pihaknya akan menanam sejumlah jenis pohon di ruas jalan. Salah satu yang paling banyak ditanam berjenis ketapang kencana. Pohon ini dianggap memiliki daun yang rimbun dan mudah dirawat.

Adapun untuk penghijauan tahap kedua, Budi menyebutkan, segera menyusul dalam waktu dekat. Pengadaan dan pengerjaan penanaman pohon dengan anggaran sebesar Rp 1 Miliar sedang dalam proses tender.

“Kita juga mengakomodasi jasa pemeliharaan pohon dalam alokasi anggaran. Kami merekrut tenaga bernama brigade pohon yang akan bertugas memelihara pohon-pohon tanaman di seluruh kota,” ujarnya.

Sebelumnya Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyatakan program penghijauan merupakan komitmen Pemkot dalam mendukung kelestarian lingkungan. Dua tahun terakhir Makassar mendapatkan Adipura, yang merupakan penghargaan supremasi tertinggi di bidang lingkungan dan kebersihan.

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA