1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Sering diabaikan, ini manfaat berjalan kaki setiap hari

Berjalan tanpa alas merangsang titik refleks kaki

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 29 Juli 2016 16:47

Merdeka.com, Makassar - Jalan kaki merupakan salah satu cara hebat dan hemat untuk berolahraga. Tapi sayang sebagian orang sering mengabaikannya. Karena jalan kaki bukan merupakan aktivitas berat, muncul keyakinan bahwa jalan kaki tidak memiliki efek signifikan.

Mulai saat ini ubah pikiran seperti itu, karena tidak benar. Jalan kaki justru memiliki efek sangat besar. Berjalan kaki saat berangkat memulai aktivitas di pagi hari seperti ke kantor ataupun ke sekolah bisa bermanfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa diantaranya, seperti dikutip dari manfaat.co:

Cegah osteoporosis
Jenis penyakit tulang yang banyak terjadi pada para lansia ini terjadi karena massa tulang yang rendah serta  mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan. Pencegahan tulang keropos ini tidak hanya diperoleh dari kalsium pada  susu, namun harus diimbangi dengan gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki setidaknya sekitar 15 menit sehari setiap hari.

Kesehatan jantung
Berjalan kaki akan membuat tekanan darah berkurang yang mengurangi pelekatan anta rsel darah yang bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah. Pada saat berjalan kaki tubuh menjadi bergerak sehingga kolesterol baik (HDL) yang menyerap kolesterol jahat (LDL) mengalami peningkatan yang mampu menyehatkan jantung.

Menjaga kebugaran
Berjalan kaki setiap hari saat berangkat ke kantor akan menjaga kebugaran tubuh selama beraktivitas. Berjalan kaki 3 kali dalam seminggu mampu meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernapasan secara signifikan.

Meningkatkan sistem pernafasan
Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga santai yang dapat dilakukan siapa saja. Aktivitas ini dapat membuat sistem pernafasan lebih lancar dan lebih kuat tentunya. Dengan berjalan kaki setiap hari anda dapat membantu nafas anda lebih panjang.

Kestabilan tekanan darah
Proses metabolisme dalam tubuh juga dapat dibantu dengan berjalan kaki. Dengan metabolisme tubuh yang lancar maka anda dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi maka ada baiknya anda mulai melakukan jalan kaki secara rutin di pagi hari.

Mencegah dimensia
Dimensia merupakan penyakit yang ditandai dengan menurunnya fungsi otak yang kebanyakan menyerang orang tua. Studi dan penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit dimensia ini dapat dicegah dengan melakukan jalan kaki secara rutin di berbagai kesempatan. Setidaknya ia dapat mengurangi risiko dimensia sebanyak 40%.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Dengan berjalan kaki anda sudah melakukan effort yang cukup untuk memberikan sistem imun yang lebih kuat pada tubuh. Keringat dan lancarnya metabolisme tubuh akan membantu imunitas tubuh agar tidak terserang dari berbagai penyakit berbahaya.

Meningkatkan vitamin D
Vitamin d dalam tubuh dapat diperoleh dari berbagai sumber, selain dari makanan, sinar matahari pagi merupakan sumber yang paling penting untuk membentuk vitamin D. Berjalan kaki akan otomatis memberikan tubuh sinar matahari yang cukup jika dilakukan di luar ruangan, yang artinya meningkatkan nutrisi vitamin D dalam tubuh anda.

Tidur lebih nyenyak
Jika anda melakukan jalan kaki 30 menit di setiap pagi hari, ini akan membantu dalam tidur anda di malam hari. Sama seperti olahraga pada umumnya, jalan kaki akan sangat membantu metabolisme dan memberikan efek nyaman pada saat tidur nantinya.

Refleksi
Berjalan di pekarangan rumah denga diselingi lari kecil tanpa alas bisa menjadi yoga gratis. Kerikil-kerikil, batuan kecil yang terinjak bisa merangsang titik refleks kaki. Awalnya terasa sakit namun, bisa jadi pertanda baik untuk penyembuhan penyakit yang berada dalam tubuh.

Yoga kaki
Berjalan kaki tanpa alas bisa memperkuat oto-otot, ligamen dalam, pergelangan kaki dan betis. Ini membantu mencegah cedera, ketegangan lutut, dan masalah punggung. Jalan bertelanjang kaki juga akan mengaktifkan kerja otot tertentu yang membantu menjaga postur tubuh dan keseimbangan badan. Otot ini tak aktif ketika mengenakan sepatu.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA