1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Sering merasa lelah? kenali sejumlah penyebabnya

Sindroma lelah kronis terjadi jika berlangsung hingga lebih dari enam bulan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 24 Juni 2016 10:30

Merdeka.com, Makassar - Rasa lelah setelah seharian beraktivitas mungkin wajar terjadi.  Tapi bila rasa lelah datang sepanjang hari hingga mengganggu aktivitas, mungkin ini adalah sinyal akan adanya sesuatu yang salah dalam tubuh.

Kenali sejumlah penyebab rasa lelah berikut, yang disadur dari tanyadok.com. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa segera melakukan tindakan sebagai solusi agar kembali bisa beraktivitas dengan normal.

Kurang tidur
Waktu tidur yang kurang merupakan faktor yang membuat anda semakin lelah. Buatlah jadwal tidur yang teratur dengan lama tidur minimal 6-8 jam sehari.

Kurang energi
Makan terlalu sedikit membuat suplai energy berkurang dan lelah pun timbul. Tapi makan makanan tidak sehat juga sama. Jadi sebaiknya pilihlah menu seimbang yang sesuai dengan kebutuhan kalori anda setiap harinya.

Anemia
Jangan-jangan anda mengalami kurang darah sehingga rasa lelah tak mau pergi. Periksalah kadar hemoglobin anda untuk pastinya dan perbanyak makan daging, hati, buncis dan makanan kaya besi dan bila perlu suplemen besi.

Depresi
Depresi tidak hanya berpengaruh pada jiwa anda tapi bisa pula timbul dalam bentuk berbagai gangguan fisik. Jika anda merasa lelah, hampa dan tak berguna hingga berminggu-minggu, segeralah temui dokter anda.

Hipotiroidisme
Kurangnya hormon tiroid dalam tubuh menurunkan metabolisme tubuh, akibatnya tubuh kekurangan energi untuk beraktivitas. Anda akan merasa cepat lelah dan berat badan terus meningkat tanpa sebab. Sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter anda.

Terlalu banyak kafein
Kafein dalam kopi, coklat, minuman bersoda dan teh memang membuat anda tetap sadar dan waspada, tapi terlalu banyak kafein membuat tekanan darah meningkat dan denyut jantung anda sehingga timbul rasa lelah. Jadi mulailah kurangi konsumsi kafein.

Infeksi saluran kemih
Penyakit satu ini membuat rasa panas dan rasa kebelet pipis yang biasanya anda abaikan. Tapi justru kadang gejalanya hanya rasa lelah saja. Segeralah obati agar penyakit tidak bertambah parah.

Diabetes
Penyakit kencing manis ini biasanya diawali dengan rasa lelah. Rasa lelah timbul karena tubuh tidak mendapatkan sumber energy yaitu gula, karena gula tidak bisa masuk dalam sel. Cobalah cek kadar gula darah anda dan segera berkonsultasi bila hasilnya tinggi.

Dehidrasi
Kurang cairan membuat metabolisme tubuh menurun akibatnya rasa lelah timbul. Pastikan konsumsi air minimal 1,5 liter per hari dan tambahkan dua gelas air pada aktivitas yang lebih dari biasanya.

Penyakit jantung
Ketika kegiatan ringan saja membuat anda lelah, atau aktivitas yang mulanya dapat anda lakukan tapi lama kelamaan semakin berat dan lelah untuk dilakukan, mungkin jantung andalah yang bermasalah. Perubahan gaya hidup hingga obat dapat menjadi solusinya.

Sindrom lelah kronis
Jika rasa lelah telah mendera anda hingga 6 bulan dan membuat anda sulit beraktivitas, mungkin anda mengalami fibromyalgia atau sindroma lelah kronis. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter terapis untuk mengatasinya. Jika rasa lelah anda terbukti tidak terkait dengan penyakit apapun, maka olahraga adalah solusi tepat. Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti berjalan atau bersepeda santai selama 20 menit, tiga kali seminggu dan hal ini terbukti dapat mengatasi rasa lelah Anda.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA