1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Tempat asyik berolahraga lari di Makassar

Semua bisa dijangkau masyarakat umum secara gratis

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 21 Mei 2016 14:42

Merdeka.com, Makassar - Akhir pekan bisa jadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Bagi sebagian orang, pada hari-hari ini waktu terasa lebih luang karena libur dari aktivitas bekerja rutin. Dengan berolahraga, energi yang terkuras serta tingkat stres selama lima hari bisa dinormalkan kembali.

Olahraga lari dewasa ini masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat, terutama di kawasan perkotaan seperti Makassar. Pasalnya, lari nyaris tidak membutuhkan alat khusus dan bisa dilakukan di mana saja. Waktunya pun fleksibel: pagi, siang, sore, bahkan malam hari.

Untuk yang berada di Makassar, beberapa tempat berikut ini bisa kamu datangi untuk berolahraga lari. Tinggal siapkan sepatu, kamu bisa menjajalnya dengan suasana nyaman, dan tentunya gratis.

Lapangan Karebosi


Terkenal sebagai pusat kota, yang sekaligus menjadi titik kilometer 0 di Makassar. Sejak ratusan tahun lalu, Karebosi sudah menjadi pusat aktivitas warga Makassar, termasuk berolahraga. Biasanya tempat ini ramai didatangi pada pagi dan sore hari. Setelah peremajaan beberapa tahun lalu, di lapangan ini tersedia trek lari yang dikelilng pepohonan teduh. Suasana lari jadi meriah karena di tempat yang sama banyak aktivitas olahraga lainnya, seperti bersepeda, senam, sepak bola dan sofbol.

GOR Mattoangin

GOR ini menjadi tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional ke-4 tahun 1957. Di dalam kompleks ini ada beberapa lapangan cabang olahraga, seperti sepak bola, bulu tangkis, voli, renang, dan lainnya. Klub sepak bola kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan, PSM Makassar berkandang di sini. Orang bisa berlari mengelilingi kawasan stadion yang berbentuk oval. Banyak orang melakukannya pada sore hari.

Lapangan Hertasning

Terletak di kawasan Perumnas Panakkukang, di pojok jalan Tamalate dan Hertasning Makassar. Lapangan ini berukuran standar sepak bola, dan dikelilingi trek lari yang juga ditutupi rimbun pohon. Di tempat yang sama tersedia lantai refleksi kaki, yang bisa digunakan meregangkan otot-otot kaki setelah berolahraga.

Taman Macan

Salah satu alasan orang ramai mendatangi tempat ini adalah suasana yang rindang di tengah perkotaan. Selain pohon, aneka tambahan dan tumbuhan memenuhi area taman. Taman itu dibelah dan dikelilingi trek setapak yang cocok digunakan berlari atau sekadar berjalan santai. Orang-orang ramai datang ke sini untuk bersantai pada sudut-sudut taman, atau bersenam di salah satu bagian terbuka.

Taman Maccini Sombala


Pemkot Makassar meresmikan taman yang terletak di Jalan Nuri ini pada tahun 2014. Seluas 4 hektar, tempat ini terdiri dari 4 plaza dengan fasilitas trek lari, trek sepeda, jalur jalan kaki, gazebo, bangku taman dan air mancur. Juga terdapat kanal buatan yang mengelilingi area taman dan menghadirkan suasana khas. Aneka pohon dan tanaman tersedia di dalamnya. Taman dibuka setiap sore.

Kampus Unhas
Kampus Unhas di Tamalanrea jadi tempat terbaik mendapatkan udara segar di Kota Makassar. Kampus ini berdiri seluas 220 hektar dan hampir semua areanya ditumbuhi pohon rindang. Beberapa jalan-jalan yang membela kawasan kampus biasanya digunakan untuk berlari pada sore hari. Tidak hanya mahaiswa setempat, warga umum juga ramai datang ke sini. Selesai berolahraga, bisa bersantai di kawasan danau sembari menyaksikan tingkah rusa di penangkaran.




(AP)
  1. Zona Turis
  2. Olahraga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA