1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Waspada! stres bisa memicu gangguan kesehatan berikut ini

Stres membuat tubuh kita melepaskan hormon kortisol

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 24 Mei 2016 13:04

Merdeka.com, Makassar - Pakar kesehatan sudah berulang kali menyerukan kepada masyarakat untuk memperhatikan kesehatan fisik dan psikologis secara berimbang. Kesehatan psikologis sendiri memiliki peran besar dalam mempengaruhi kesehatan fisik.

Setidaknya, ada beberapa kondisi fisik yang terpengaruh dengan cepat jika kita mengalami stres atau depresi. Apa sajakah gangguan itu? Kami merangkum penjelasan berikut dari situs doktersehat.com.

Pernahkah anda mendengar pernyataan bahwa stres bisa memicu penurunan berat badan dengan signifikan? Hal ini ternyata tidak mengada-ada dan benar adanya. Stres akan membuat tubuh kita melepaskan hormon kortisol, sebuah hormon yang ikut membuat kemampuan tubuh dalam memproses gula dalam darah mengalami gangguan. Selain itu, hormon kortisol juga diyakini mempengaruhi sistem metabolisme tubuh sehingga berat badan kita pun mengalami perubahan.

Hanya saja, peran besar stres dalam membuat penurunan berat badan adalah dengan membuat kita kehilangan nafsu makan, meskipun dalam beberapa kasus stres juga bisa memicu peningkatan nafsu makan yang sangat tidak sehat dan justru memicu masalah obesitas.

Stres ternyata juga memiliki peran besar dalam membuat sakit kepala. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika hormon yang muncul karena stres akan membuat saraf dan pembuluh darah di sekitar otak mengalami gangguan dan pada akhirnya memicu rasa sakit pada kepala. Selain itu, stres juga akan membuat otot-otot pada area kepala dan leher menjadi lebih tegang dan membuat nyeri menjadi semakin terasa.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika stres dan depresi secara efektif membuat saluran pencernaan mengalami gangguan dimana penderitanya akan cenderung sering merasakan kenaikan asam lambung atau heartburn. Selain itu, perut juga akan semakin mudah kembung dan dalam beberapa kasus, stres akan membuat kita mengalami diare. Selain itu, stres akan secara efektif menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita pun akan cenderung lebih mudah terkena penyakit, khususnya flu.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA