1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Makassar masuk 4 kota inovasi pelayanan publik terbaik

Penghargaan diserahkan Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis besok

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 25 Mei 2016 07:16

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar menjadi salah satu dari 35 peraih Inovasi Pelayanan Publik Terbaik tahun 2016, yang dianugerahkan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Makassar terpilih bersama tiga kota lain yang mendapatkan predikat serupa tahun ini, yakni Bandung, Balikpapan, dan Pontianak. Adapun penghargaan di bidang pelayanan publik ini diberikan antara lain kepada 3 kementerian, 2 lembaga, 8 provinsi, 14 kabupaten, dan 3 Badan Usaha Milik Negara/Daerah.

35 peraih anugerah merupakan yang terbaik dari total 2.476 pendaftar tahun ini. Sebelumnya, April lalu, kementerian mengerucutkan nominator sebanyak 99 kandidat, sebelum memilih 35 daftar final. Inovasi Pelayanan Publik Terbaik sudah digelar sejak tahun 2014, yang merupakan wujud dari program One Agency One Inovation, di mana setiap lembaga, baik pemerintah pusat dan daerah serta badan usaha wajib menciptakan minimal satu inovasi setiap tahun.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto mengungkapkan, Makassar terpilih sebagai salah satu peraih anugerah, berdasarkan inovasi program Home Care di bidang kesehatan. Program itu berupa layanan perawatan dan konsultasi oleh dokter yang bisa dipanggil ke rumah warga, selama 24 jam.

"Tidak mudah masuk Top 35. Kita mesti melewati sebuah proses kompetisi panjang hingga ditetapkan oleh tim ahli sebagai evaluatornya," kata Danny, Selasa (24/5).

Sebelumya, seperti yang dipaparkan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian PAN RB Mirawati Sujono, proses penganugerahan Inovasi Pelayanan Publik Terbaik dimulai dengan pendaftaran inovasi oleh setiap inovator. Proposal yang diajukan kemudian dinilai oleh tim evaluator, yang terdiri dari para akademisi beberapa perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Setelah menyaring 99 kandidat, inovator yang terpilih kemudian diwajibkan memaparkan inovasinya dan diwawancarai di hadapan Tim Panel Independen. Kemudian Pada Tahap akhir akan dilakukan mistery shopping untuk menentukan TOP 35.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra mengatakan wali kota Danny Pomanto akan hadir menerima langsung penghargaan tersebut di hotel Bidakara, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (26/5) besok. “Rencananya Presiden RI Joko Widodo yang akan menyerahkan penghargaan ini.”(NIA)

(AP)
  1. Penghargaan
  2. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA