1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

27 Negara jadi saksi kemeriahan F8

"Alhamdulillah, tim sudah bergerak dari beberapa hari lalu. Hingga hari ini, kita sudah ada 27 negara menyatakan hadir".

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto. ©2018 Merdeka.com Reporter : Endang Saputra | Rabu, 10 Oktober 2018 13:57

Merdeka.com, Makassar - Makassar International Eight Festival atau biasa disebut F8 akan dihelat 10-14 Oktober 2018 mendatang. Berbagai kesiapan panitia terus dilakukan untuk menyambut para tamu baik dalam maupun luar negeri.

Khusus tamu luar negeri, 27 negara menyatakan siap hadir dan menjadi saksi kemeriahan event nasional yang dicetuskan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto. Diantaranya, Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Italia. Meksiko, Malaysia, Australia, Polandia, Filipina, dan Spanyol.

Kata Danny, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Konsulat Jenderal (KonJen) dari berbagai negara sahabat dan juga negara yang memiliki hubungan sister city untuk hadir di event tahunan tersebut.

"Alhamdulillah, tim sudah bergerak dari beberapa hari lalu. Hingga hari ini, kita sudah ada 27 negara menyatakan hadir. Maka dari itu, dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan event F8," kata pria yang akrab disapa Danny.

Selain tamu luar negeri, Kata Danny, ada sekira 30 perwakilan dari pemerintah se Indonesia juga menyatakan kesiapan menghadiri event berskala internasional itu selama lima hari kegiatan.

Danny menambahkan, untuk menyukseskan tim yang dibentuk memfokuskan penyelesaian tempat perhelatan. Dimana, progresnya mencapai 85 persen, namun dirinya berharap kesiapan bisa sampai 95 persen dua hari kedepan.

Katanya, kawasan Center Point of Indonesia (CPI) akan digunakan sebagai salah satu kawasan perhelatan event F8, dimana akan ada floating market berupa kapal-kapal nelayan yang akan menjajakan hasil lautnya ke peserta F8.

"Disini (CPI) tempat karnaval, ada juga booth yang akan dipasang untuk berjualan dan dipinggir pantai pasir putih akan ada jamuan makan malam bersama para tamu VIP," ungkapnya.

Selain itu, Danny menjelaskan, di kawasan CPI ini juga akan dibuatkan parkiran untuk kendaraan roda dua (motor) dan roda empat (mobil). Akan ada juga lampu-lampu yang bernuansa romantis menambah kemeriahan event F8.

"Kita akan adakan 10 ribu lampu-lampu berbentuk lampion, tanaman dan bendera-bendera kebutuhan F8," ucapnya.

Danny menambahkan, kawasan CPI akan mengambil bagian dari Fruit, Food and Fish yang merupakan bagian dari F8. Selain itu, penambahan ponton untuk Floating Zoo yang didalamnya akan ada hewan-hewan dan bambu gila khas Kota Ambon.

"Ponton untuk Floating Zoo itu posisinya di tulisan Pantai Losari. Ada ada dua nanti tapi beda konsep," kata dia.

Lanjuy Danny, setiap pelaksanaan kegiatan apapun tentu punya kendala-kendala, termasuk kendala yang dihadapi panitia mula dari awal pembentukan hingga penutupan event nasional ini.

"Kendala paling berat itu soal koordinasi tapi insya allah dengan kerja tim bisa teratasi" jelasnya.

Diiketahui, F8 tahun lalu mencapai 1,3 juta pengunjung, tahun ini Pemkot menargetkan 1,5 juta pengunjung dan menganggarkan sekira Rp 3 miliar untuk menyukseskan event bertema Celebration indiversity.

Selain itu, Pemkot akan menghadirkan 30 perancang busana lokal dan 5 perancang busana nasional dipastikan ikut memeriahkan F8. Selain itu pengunjung akan dihibur dengan artis ibu Kota seperti Regina yang akan tampil pada pembukaan F8. Zaskia Gotik tak ketinggalan serta Padi reborn dan Virsa.

Berbeda dari tahun lalu yang hanya menampilkan tiga zona. Tahun ini, event F8 dibagi menjadi empat zona. Pertama, di dekat CPI (Jalan Metro Tanjung Bunga) menampilkan food and floating market, zona kedua panggung utama di Anjungan City Of Makassar, zona tiga menampilkan flora dan fauna di Anjungan Pantai Losari, dan zona empat Anjungan Toraja Mandar menampilkan folk dan film.

(ES/ES)
  1. Festival F8
  2. Wali Kota Makassar
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA