1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Damkar siaga 24 jam selama libur Lebaran

Disiapkan 54 armada berupa mobil penyemprot dan penampung air

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 07 Juli 2016 14:45

Merdeka.com, Makassar - Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar mengantisipasi kebakaran selama masa libur lebaran, dengan menyiagakan personelnya selama 24 jam. Berbagai armada pemadam disiapkan di lima posko tambahan, pada sekitar daerah yang dianggap rawan kebakaran.

Kepala Dinas Kebakaran Makassar Imran Samad mengatakan, posko tambahan dibuka sejak H-3 hingga H+3 lebaran. Sebanyak 160 petugas dikerahkan secara bergantian untuk berjaga di setiap posko.

“Kami menyiapkan 54 armada berupa mobil penyemprot dan penampung air,” kata Imran.

Pada hari normal, Damkar Makassar mengoperasikan empat posko. Masing-masing Posko Induk jalan Ratulangi, Posko Timur jalan Pengayoman, Posko KIMA di Kawan Industri Makassar, serta Posko Utara di Kantor Kecamatan Tallo.

Sesuai instruksi wali kota, Imran menyebutkan, posko ditempatkan di tempat-tempat strategis dan rawan. Masing-masing di di jembatan Flyover jalan Urip Sumoharjo, persimpangan Pettarani - Alauddin, di bawah jembatan MTC Karebosi, Pasar Terong dan Pasar Pannampu. “Pada masing-masing posko ditempatkan dua armada,” ujarnya.

Imran mengimbau masyarakat yang meninggalkan rumahnya saat berlibur agar mematikan semua arus listrik. Juga tidak lupa mengecek setiap bagian kelistrikan di rumah. Peralatan yang berpotensi menghasilkan arus pendek sebaiknya dimatikan sebelum pergi. “Jangan meninggalkan kompor atau api yang menyala saat keluar rumah,” dia menambahkan.

Antisipasi Damkar Makassar berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya. Di mana, pada masa libur lebaran biasanya terjadi kebakaran di rumah penduduk yang ditinggal mudik. Sebagian besar penyebabnya adalah kelalaian pemilik rumah.

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA