1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Gaji tenaga honorer Makassar naik, berlaku mulai Januari 2017

Wali kota memuji kerja sama yang solid antara legislatif dan eksekutif dalam pembahasan APBD

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 01 Desember 2016 09:46

Merdeka.com, Makassar - Pegawai honorer di lingkup Pemerintah Kota Makassar bakal mendapatkan kenaikan gaji senilai Rp 200 Ribu mulai Januari tahun 2017. Dengan kenaikan tersebut, setiap tenaga bakal menerima upah senilai Rp 700 Ribu per bulan.

Kenaikan upah tenaga honorer tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2017 yang disahkan melalui rapat paripurna di Kantor DPRD Kota Makassar, Rabu (30/11).

"Dewan mengusulkan supaya gaji honorer dinaikkan. Upah Rp 500 Ribu sudah tidak layak, karena sejak dulu nilainya cuma segitu. Alhamdulillah usulan itu disetujui pemerintah," kata legislator fraksi NasDem Supratman, Kamis (1/12).

Supratman mengungkapkan, penambahan nilai upah bagi tenaga honorer sebelumnya tidak pernah dimasukkan dalam draf APBD. Sejumlah legislator kemudian mengusulkannya, yang kemudian melewati sejumlah pertimbangan.

Badan Kepegawaian Daerah Kota Makassar mencatat 4 ribu lebih jumlah tenaga honorer. Mereka tersebar di berbagai instansi dan satuan kerja perangkat daerah. Kenaikan tersebut diharapkan memotivasi para tenaga honorer bekerja lebih giat dalam membantu pemerintah.

"Meski nilainya belum maksimal, tapi setidaknya kami di DPRD sudah berusaha memperjuangkannya," ujar Supra.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto memuji kinerja DPRD, yang bersama Pemkot mengupayakan APBD disahkan tepat waktu. Untuk tahun ini, untuk pertama kalinya anggaran disahkan sesuai aturan, yakni satu bulan sebelum dimulainya tahun anggaran baru.

"Ini membuktikan sinergitas yang solid antara eksekutif dan legislatif," kata Danny. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA