1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemkot ganti nama dua jalan di Makassar

Nama yang lama dianggap kurang representatif terhadap kearifan lokal

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 24 Oktober 2017 11:54

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar segera mengganti dua nama jalan di dalam kota. Penggantian dianggap perlu karena nama yang kini kurang representatif terhadap kearifan lokal.

Sebagai gantinya, nama jalan digantikan dengan nama pahlawan nasional. Untuk tahap awal, ada dua jalan yang berganti nama. Jalan Landak berganti menjadi Andi Jemma, sedangkan jalan Kakatua menjadi Pajongga Daeng Ngalle.

Umum diketahui, Andi Djemma merupakan salah satu Raja Luwu yang bergelar pahlawan nasional. Adapun Pajongga Daeng Ngalle, yang juga pahlawan nasional, merupakan Karaeng Polongbangkeng, Takalar. Keduanya dikisahkan gigih melawan penjajahan Belanda.

“Nama jalan ini sudah saya tanda tangani. Cuma tidak terekspos dengan baik,” ucap Walikota Makassar Danny Pomanto di Makassar, Selasa (24/10).

Hal ini membuat Wali Kota berlatar arsitek ini sedikit gerah dengan SKPD Pemkot Makassar terkait hal tersebut. Mestinya menurut dia, agenda perubahan nama jalan diumumkan kepada masyarakat luas. Supaya, masyarakat tahu adanya perubahan alamat di tempat yang dimaksud.

Masuknya nama Andi Djemma sebagai salah satu nama jalan di ibu kota Provinsi Sulsel ini adalah usulan dari mahasiswa IPMIL Raya. Selain itu, Danny memang merasa begitu banyak nama jalanan yang tidak mendidik serta tidak memiliki nilai historis. Ia mencontohkan alamat Rujab Wali Kota yang beralamat di Jl. Penghibur itu.

“Bagaimana jika nanti perempuan yang tinggal di daerah ini disebut perempuan penghibur? Itukan tidak etis, jadi memang harus dirubah agar lebih edukatif,” pungkasnya.

Hal ini tidak lagi sulit, sebab dasar hukumnya sudah terakomodir pada Perda lama. “Tadinya kita kira harus dibikinkan lagi Perda, tapi ternyata Perda lama sudah mengatur itu. Tinggal dibuatkan Perwalinya, nah Perwali itu sudah saya tanda tangani beberapa hari lalu,” ujarnya. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA