1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Bank Sampah jadi solusi kemiskinan di Makassar

Rata-rata pendapatan dari bank sampah melebihi Rp1 juta perbulan

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 27 Oktober 2017 07:15

Merdeka.com, Makassar - Tim Koordinasi Penanggulangan Harapan Kemiskinan Daerah Kota Makassar  menyelenggarakan rapat koordinasi kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan serta pengendalian pelaksanaan program tersebut, di Ruang Rapat Sipakatau Balaikota Makassar, Kamis (26/10).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan potret atau gambaran kondisi masyarakat Kota Makassar agar mengetahui sasaran program secara jelas.

“Diharapkan dari tim benar-benar ada kerja nyata, tidak hanya sekedar nama, untuk membantu mengentaskan kemiskinan, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Sebagai manusia kita akan memiliki nilai tambah apabila dapat berdaya guna menolong sesama," ucap Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto, Wali Kota Makassar yang membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Kata Danny, kemiskinan jangan dilakukan biasa saja akan tetapi harus luar biasa karena tanpa luar biasa maka itu bukan suatu upaya akselerasi menuju percepatan penanggulangan kemiskinan.

Selain itu juga ditegaskan, pertemuan tersebut tidak hanya mereview implementasi program tetapi diharapkan juga dapat merancang program yang menghasilkan sesuatu untuk menjadi proses pembelajaran bagi daerah lain. Out put tersebut yaitu harus ada new model artinya ada segmen program yang berbeda dari setiap daerah.

"Kemiskinan merupakan fokus kami di Pemerintahan Kota Makassar. Banyak variabel yang sebenarnya tak terlihat tapi sangat membantu menurunkan angka kemiskinan seperti Bulo, Bank Sampah," ucapnya.

Standar pendapatan yang dikategorikan miskin di Kota Makassar yaitu senilai Rp 300-an ribu perbulan. Sementara di tingkat nasional Rp 1 juta perbulan.

"Nah, kalau kita lihat rata-rata pendapatan masyarakat dari Bank Sampah itu rata-rata  lebih dari Rp 1 juta. Ini suatu kebanggaan kami karena dari program itu kita bisa menekan angka kemiskinan meskipun baru nol koma sekian yang bisa ditekan," ungkap Danny.

Meskipun demikian, Danny menghimbau agar rapat kordinasi ini bisa menghasilkan formula-formula baru untuk mengentaskan kemiskinan.

Inovatif salah satu upaya khusus sehingga mempunyai spesifikasi daerah yang dapat ditonjolkan. langkah-langkah konkrit, adanya tahapan-tahapan yang harus disepakati dan dilakukan secara bersama oleh pemerintah dan masyarakat dan juga mekanisme pendataaan(up dating data) yang akurat. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA