1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Makassar wakili Asia Tenggara di Konferensi Global Kota dan Migrasi

Forum digelar di Belgia, 16 November mendatang

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 20 Oktober 2017 15:24

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Danny Pomanto dijadwalkan mewakili Indonesia dan Asia Tenggara, pada Konferensi Global tentang Kota dan Migrasi. Konferensi digelar di Mechelen, Belgia, 16 November mendatang.

Kepala Bagian Humas Pemkot Makassar Firman Hamid Pagarra mengatakan, Danny mendapat undangan langsung Pemerintah Federal Belgia dan Kota Mechelen.

Kegiatan ini diselenggarakan United Cities and Local Governments (UCLG), International Organization for Migration (IOM), dan United Nations Human Settlements Programme (UN–HABITAT), sebuah konferensi PBB di bidang permukiman dan pengembangan kota berkelanjutan.

“Mewakili Indonesia sekaligus Asia Tenggara dalam forum bergengsi internasional ini,” ujar Firman lewat keterangan persnya, Jumat (20/10).

"Berdasarkan undangan yang kita terima, Konferensi Mechelen, juka akan menghadirkan perwakilan politik lokal dan praktisi ahli dari seluruh dunia untuk bertukar pikiran dan menangani masalah-masalah yang terjadi di dunia," tambahnya.

Menurutnya, sejumlah persoalan global yang dibahas diantaranya soal hak asasi manusia migran, kerja sama internasional migrasi dan pemerintahan global, driver migrasi, penyelundupan migran dan perdagangan manusia, menangani migrasi tidak teratur, migrasi dan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan serta integrasi sosial.

Konferensi ini bertujuan memungkinkan pihak berwenang untuk menyumbangkan pengetahuan dan pengalaman mereka ke Global Compact 2018 untuk Migrasi yang aman, tertib dan reguler.

"Ini kesempatan negara-negara yang hadir berkomitmen pada kerangka kerja kerja sama internasional yang komprehensif. Mengenai migrasi dengan komitmen yang dapat ditindaklanjuti, sarana pelaksanaan, serta bentuk kerangka kerja tindak lanjut," ujar Firman. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA