1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Giliran Dubes AS puji Makassar

Pertumbuhan ekonomi Makassar dinilai paling pesat di luar Jawa

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 28 Mei 2016 09:20

Merdeka.com, Makassar - Potensi besar kota Makassar kian memikat perhatian dunia internasional. Kini giliran Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Black Jr yang menyampaikan apresiasinya untuk ibukota Sulawesi Selatan.

Robert menyampaikan sambutan hangatnya kepada Wali Kota Makassar M Ramdhan Pomanto, saat menghadiri peringatan 150 tahun Konsulat Jenderal AS di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (27/5) malam. “Makassar adalah sahabat kami. Kami mewakili pemerintah dan rakyat AS merasa bangga pemimpin Makassar hadir bersama kita pada acara ini,” kata Robert.

Dalam acara tersebut, Robert mengungkapkan hubungan baik dengan Makassar mulai berkembang pada Maret 2015, saat kota itu dipilih Kedutaan Besar sebagai pusat peringatan hari kemerdekaan AS di Indonesia. Pemilihan itu berdasarkan sejumlah pertimbangan.

Selain faktor keamanan yang baik, pertumbuhan ekonomi Makassar dinilai paling pesat di luar Jawa. Terlebih lagi, Makassar ini memiliki pusat pelabuhan air yang memiliki sejarah panjang sebagai pusat perdagangan dunia. Bukan hanya itu, MoU Microsoft dengan Pemkot Makassar di bidang teknologi menjadi pertimbangan penting AS tertarik membangun hubungan yang lebih dalam.

Januari 2016 lalu, Konjen Amerika di Surabaya Heather C Variava menemui Danny Pomanto dan menawarkan berbagai program kerja sama dengan pemerintah Makassar khususnya dalam bidang pendidikan. Sebulan kemudian, tepatnya 17 Februari, Presiden AS Barack Obama kemudian mengundang secara khusus Danny Pomanto ke negeri Paman Sam dalam acara Conference on The Asean Ekonomic Community (AEC) di San Fransisco.

Wali kota Makassar, Danny Pomanto menjelaskan hubungan baik Makassar dengan Kedubes AS menjadi penanda jaringan global Makassar yang semakin luas. Diharapkan, dengan berbagai hubungan baik di dunia internasional, Makassar bisa mewujudkan visinya menjadi kota dunia yang nyaman untuk semua. "Semoga jaringan global ini mampu meningkatkan suprastruktur dan infrastruktur di kota Makassar demi mewujudkan Makassar dua kali tambah baik," kata Danny.(NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA