1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

HUT ke-409, Gubernur Syahrul: Makassar naik kelas

Wali Kota Danny mengklaim berbagai peningkatan di bidang pembangunan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 09 November 2016 17:34

Merdeka.com, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo melayangkan pujian atas kepemimpinan wali kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto. Menurutnya, model pemerintahan yang dijalankan Danny mampu membawa banyak perubahan yang membuat Makassar layak disebut naik kelas.

"Pemerintahan yang baik adalah ketika mampu memberikan segala daya, upaya dan potensi yang dimiliki untuk kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan rakyat. Berkat wali kota Makassar, kota ini bisa naik kelas," kata Syahrul di Makassar, Rabu (9/11).

Menurut Syahrul, kemajuan suatu daerah ditentukan oleh kehadiran pemerintahan yang baik.  Yakni pemerintahan yang seluruh jajarannya berpihak pada rakyat dan tidak mementingkan diri sendiri. Momen ulang tahun ke-409 sendiri dianggap bukan sekadar ajang seremonial belaka.

"Di 2016 ini kita semua tampil dengan predikat Summa Cum Laude yang berarti meraih predikat dua jempol sebagai kota terbaik," ujarnya.

Di tahun 2016 ini, Pemerintah kota Makassar memperkenalkan sejumlah inovasi baru. Antara lain nomor pusat pengaduan 112, Badan Usaha Lorong,  Lansia Care, tambahan kamera untuk sistem keamanan, stan kaki lima ramah lingkungan, serta Home Care Laut.

Terpisah, Wali kota Danny memaparkan sejumlah pencapaian pada pemerintahannya bersama wakil wali kota Syamsu Rizal. Misalnya peningkatan pajak, iklim investasi yang membaik, serta pertumbuhan penamaman modal yang menggembirakan. Adapun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat menjadi 79,94.

"Usia harapan hidup mencapai 72,47 tahun. Angka melek huruf 97,56 persen. Pertumbuhan ekonomi kita 7,46 persen. Kita jauh lebih tinggi dari rata-rata nasional yang cuma 4,79 persen," kata Danny.

"Indeks kebahagiaan yang sebelumnya 70 persen menjadi 75,21 persen menunjukkan penduduk kota Makassar bahagia dan nyaman bermukim di kota Makassar," dia melanjutkan. (NIA)

(AP)
  1. HUT Makassar ke-409
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA