1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Kejuaraan dragon boat Makassar diikuti enam negara

Panitia membuka kelas pemula untuk masyarakat umum

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 13 Oktober 2016 12:35

Merdeka.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar bersama Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) bersiap menggelar kejuaraan dayung Losari Dragon Boat International Festival 2016. Ajang yang digelar untuk kelima kalinya bakal digelar di Pantai Losari Makassar, pada 4-6 November mendatang.

Ketua PODSI Sulsel Anwar Tjahyadi mengungkapkan, kejuaraan akan diikuti kontingen dari enam negara. Antara lain Indonesia, Singapura, Malaysia, Jerman, Filipina, dan Brunei Darussalam. Sekitar 200 atlet bakal bersaing memperebutkan gelar juara di berbagai kelas yang diperlombakan. “Total hadiahnya mencapai Rp 300 Juta,” kata Anwar, Kamis (13/10).

Lomba dayung nantinya tidak hanya akan diikuti atlet profesional. Masyarakat awam atau juga bisa berpartisipasi pada kelas pemula. Masing-masing kelas akan dipisah untuk memperketat kompetisi. Pihaknya mengajak masyarakat, dari unsur latar belakang apa pun, untuk turut ambil bagian.

Anwar menyebut Losari Dragon Boat International merupakan ajang bergengsi yang selalu ditunggu-tunggu oleh atlet dan penggemar olah raga dayung. Baik di dalam maupun luar negeri. Hal itu menjadi alasan kejuaraan kembali digelar pada tahun ke lima. Penyelenggaraan kali ini terbilang spesial, karena bakal dirangkaikan dengan hari ulang tahun kota Makassar yang ke-409.

“Kejuaraan ini sekaligus ajang promosi untuk memperkenalkan kota Makassar di mata dunia,” ujar Anwar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Makassar Hendra Hakamuddin mengungkapkan, Losari Dragon Boat International tahun ini lebih spesial dibanding sebelumnya. Pemerintah bakal menonjolkan kekayaan budaya kota Makassar pada lomba tersebut. Antara lain dengan menampilkan tari-tarian sebagai hiburan bagi penonton.

“Event ini dapat membangkitkan semangat baru bagi atlet di cabang olahraga dayung,” kata Hendra.

(AP)
  1. HUT Makassar ke-409
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA