1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

HUT Makassar, Danny - Ical ziarahi makam raja Tallo

Pencapaian Makassar disebut tak lepas dari prestasi para wali kota di berbagai periode

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 09 November 2016 16:23

Merdeka.com, Makassar - Momen peringatan ulang tahun kota Makassar ke-409 dimanfaatkan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan wakilnya Syamsu Rizal berziarah ke makam mendiang tokoh-tokoh pemimpin di masa lalu.

Danny dan Ical -begitu keduanya akrab disapa- mengunjungi kompleks Taman Makam Pahlawan Panaikang jalan Urip Sumoharjo, Rabu (9/11) siang. Di lokasi itu mereka memimpin hening cipta bagi arwah para pahlawan yang dilanjutkan dengan tabur bunga ke pusara para mantan wali kota.

Makam yang diziarahi antara lain Wali Kota Makassar Periode 1962 - 1976 Kolonel (Purn.) Muhammad Daeng Patompo, Wali Kota Makassar Periode 1976 - 1982 Kolonel (Purn.) Abustam, Wali Kota Makassar Periode 1982 - 1988 Kolonel (Purn.) Jancy Raib, serta pahlawan nasional Emmy Saelan.

Selain dua tokoh pimpinan Pemkot Makassar, hadir pula Sekretaris Daerah Ibrahim Saleh, Komandan Kodim 1408/BS Makassar Letkol Kav Otto Sollu beserta camat dan pimpinan instansi se-Makassar.

Dari TMP, rombongan melanjutkan ziarah ke Kompleks Makam Raja-raja Tallo. Penaburan bunga digelar di makam Makam Raja Tallo VII  yang memerintah di tahun 1598 - 1641 Sultan Mudafar dengan gelar Imanginyarrang Daeng Makkiyo.

Danny menyebut ziarah merupakan upaya refleksi terhadap jasa-jasa para tokoh di masa lalu. "Pencapaian Makassar di usianya yang ke - 409 tahun tak lepas dari prestasi yang telah ditorehkan oleh wali kota Makassar dari periode sebelumnya. Ziarah ini mengingatkan kita untuk terus memperbaiki diri," katanya.

Bagi Danny, kejayaan Gowa - Tallo sebagai kerajaan besar yang juga cikal-bakal kota Makassar, merupakan warna tersendiri dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Kejayaan di masa lalu menjadi inspirasi untuk mengukir berbagai prestasi, baik di bidang pembagunan maupun pelayanan terhadap masyarakat. (NIA)

(AP)
  1. Serba-serbi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA