1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Jumat, Hakteknas diluncurkan di pelabuhan Paotere Makassar

Rencananya dihadiri sejumlah menteri

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 13 Juni 2017 12:14

Merdeka.com, Makassar - Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) akan dipusatkan di Center Point of Indonesia, Makassar, Sulsel, pada 10 Agustus 2017. Sebagai rangkaiannya, peringatan tersebut akan diluncurkan di Pelabuhan Paotere Makassar, Jumat (16/6).

Sekretaris Harian Harteknas 2017, Supriyadi mengatakan, ada beberapa kegiatan yang akan digelar saat launching Hakteknas. Diantaranya tausyiah Ramadan, bakti teknologi untuk nelayan dengan mesin kapal berkonventer kit PT Inti (Persero), berbagi sembako, demo rumput laut, salat magrib berjama’ah dan buka bersama.

Dijelaskan, pada peluncuran rangkaian Hakteknas 2017 ini  direncanakan akan dihadiri oleh Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri ESDM Ignasius Johan, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Kesehatan Nila Djuwita Muluk serta Menristekdikti Muhammad Nasir.

Pada tingkat nasional Menristekdikti Mohamad Nasir telah meluncurkan  Hakteknas di Gedung II Lapangan Upacara BPPT Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017). “Tema  diangkat soal pembangunan poros maritim, dengan  subtema Peran SDM dan Inovasi dalam Pembangunan Maritim Indonesia,” kata Supriyadi.

Pilihan pada tema itu sesuai visi pembangunan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Paling tidak ada 4 hal jadi fokus pembangunan maritim di Indonesia, yaitu penguatan kedaulatan maritim, pengelolaan SDA secara mandiri dan berkelanjutan, pengembangan infrastruktur secara mandiri dan terpadu, serta pengembangan SDM, iptek, dan budaya maritim. Seperti diungkapkan  Menristekdikti saat peluncuran Hakteknas 2017 di Jakarta.

Kota Makassar jadi  lokasi penyelenggaraan puncak peringatan Hakteknas ke–22 karena Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Sulawesi Selatan juga merupakan provinsi dengan dinamika pembangunan pesisir paling tinggi di Indonesia.

Selain kedua faktor tersebut, Pelabuhan Makassar merupakan pelabuhan terpadat di kawasan Indonesia Timur. Sehingga diharapkan dapat menjadi pilar dalam mendukung poros kemaritiman.

Hakteknas 2017  akan dimeriahkan dengan mini eksebisi produk inovasi dari berbagi LPNK, BUMN Industri Strategis, Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), kampus PTN dan PTS,  Pemkot Makassar.

(AP)
  1. Teknologi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA