1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Menristekdikti Luncurkan Rangkaian Harteknas ke-22 di Paotere Makassar

Puncak peringatan digelar di Center Point of Indonesia, 10 Agustus mendatang

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 16 Juni 2017 19:15

Merdeka.com, Makassar - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir didampingi Dirjen Penguatan Inovasi Jumain Appe dan Gubernur Sulawesi Selatan Sahrul Yasin Limpo meluncurkan secara resmi rangkaian kegiatan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke–22 di Pelabuhan Paotere, Makassar pada Jumat (16/6).

Acara peluncuran ini ditandai dengan penarikan tali kapal oleh Menristekdikti Mohamad Nasir didampingi Gubernur Sulsel dan Dirjen Penguatan Inovasi di atas kapal phinisi yg berlabuh di pelabuhan Paotere, Makassar.

Dalam sambutannya Menristekdikti menjelaskan bahwa Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke–22 mengangkat tema Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan dengan sub tema Peran SDM dan Inovasi dalam Pembangunan Maritim Indonesia.

“Tema ini dipilih sebagai upaya untuk mendorong terwujudnya visi Indonesia sebagai poros maritim dunia,” jelas Mohamad Nasir.

Lebih lanjut Mohamad Nasir menjelaskan bahwa puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional tahun ini merupakan peringatan Hakteknas paling istimewa. Hal ini dikarenakan, puncak peringatan Hakteknas ke–22 ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan di luar pulau Jawa. Selama 21 tahun pelaksanaan acara puncak Hakteknas selalu diselenggarakan di pulau Jawa.

Pemilihan Kota Makassar sebagai lokasi pelaksanaan puncak peringatan Hakteknas ke-22 didasari beberapa pertimbangan antara lain Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia, Makassar memiliki pelabuhan pelabuhan perikanan yang terbesar di Kawasan Timur Indonesia, Pelabuhan Makassar merupakan pelabuhan terpadat di Kawasan indonesia Timur, dan Sulawesi Selatan memiliKi dinamika pembangunan pesisir yang paling tinggi di Indonesia.

Di sisi lain, Gubernur Sulawesi Selatan Sahrul Yasin Limpo berharap dengan pelaksanaan puncak acara Hakteknas ke-22 di Makassar mampu mendorong peningkatan sentuhan teknologi dalam proses pemanfaatan sumber daya alam di kawasan timur Indonesia yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Di sela acara peluncuran resmi rangkaian kegiatan peringatan Haktenas ke-22, Menristekdikti menyerahkan bantuan berupa 500 paket sembako dan 15 unit Konverter Kit mesin perahu nelayan. Konventer Kit produksi PT INTI ini merupakan salah satu bentuk hilirisasi hasil inovasi anak bangsa.

“Di bidang maritim kita dorong konvensi bahan bakar bensin/solar ke gas. Dengan konversi ini mampu menghemat bahan bakar sebesar 30 persen dengan polusi yg rendah,” jelas Menteri Nasir.

Di akhir sambutannya, Menristekdikti berharap pelaksanaan puncak peringatan Hakteknas ke-22 yang dipusatkan di kawasan Center Point of Indonesia Makassar, pada 10 Agustus mendatang berjalan dengan sukses dan lancar.

(AP)
  1. Teknologi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA