1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Gerakan Menuju 100 Smart City dicanangkan di Makassar

Kegiatan diikuti perwakilan 25 kota di Indonesia

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Senin, 22 Mei 2017 16:08

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Danny Pomanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dipilihnya ibu kota Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah Indonesia Smart City Summit 2017, sekaligus pencanangan gerakan menuju 100 smart city yang berlangsung di Hotel Sheraton, Senin (22/5).

Keputusan dari kementrian memilih Makassar dinilai sangat tepat. Apa lagi kata Danny, secara posisi Makassar terletak di tengah- tengah Indonesia.

"Saya bersama seluruh warga Makassar menyampaikan terima kasih kepada kementeian yang telah memilih kota ini sebagai tuan rumah pencanangan ini. Makassar adalah kota yang jika kita analogikan sebagai tubuh manusia, dia persis di pusernya Indonesia. Kalau pun salah paling tidak ke bawah sedikit," kata Danny.

Danny menyampaikan posisi sebuah daerah sangat penting. Karena dengan posisi tersebut akan banyak memberi peluang menarik baik dalam bisnis maupu dalam mencanangkan kebaikan- kebaikan untuk Indonesia.

Ada dua ciri perubahan nyata di bumi ini yakni perubahan iklim dan perubahan kecepatan. Perubahan iklim adalah hal nyata yang terjadi terus menerus. Sehingga sangat berbahaya jika orang- orang yang menempatinya tidak tanggap terhadap perubahan tersebut.

Sedangkan ciri perubahan kedua adalah kecepatan, kata Danny setiap orang berlomba berlomba melawan masalah. Masalah datang begitu cepat seiring dengan era informasi.

"Kadang- kadang masalah lebih cepat dari solusinya sehingga pemerintah daerah terus berpikir bagaimana menemukan solusi yang tepat, sehingga ditemukan bahwa tidak ada lain untuk mengungguli kecepatan itu adalah smart city," pungkasnya.

Pemerintah Kota Makassar memiliki model smart city yang sedikit berbeda. Karena menurut pandangan Danny jika hanya sebuah smart city tidak cukup membuat daerahnya bisa unggul.

Smart City adalah hardware yang membuat semua daerah sama. Akan tetapi di Makassar, Danny mengatakan juga membutuhkan heartware yang akan menjadi pembeda sehingga munculah istilah sombere and smart city.

Kegiatan ini dihadiri 25 kota- kota di Indonesia, salah satunya yakni wali kota berparas cantik yang tengah menahkodai Tangeran Selatan, Airin Rachmi Diany. Kota- kota ini kemudian menandatangani MoU mendukung gerakan menuju 100 smart city. (NIA)

(AP)
  1. Teknologi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA