1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Makassar siap jadi pilot project Dana Investasi Real Estat

Ketahanan ekonomi disebut menjadi magnet bagi investor

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 19 Juli 2016 13:16

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto mengungkapkan kesiapan kota Makassar menjadi pilot project bagi pemberlakuan Dana Investasi Real Estat (DIRE) di Indonesia. Hal itu disampaikan Danny -sapaan Ramdhan-, di hadapan Presiden Republik Indonesia , Joko Widodo pada rapat kerja di Istana Negara, Senin (18/7).

Pada rapat kerja di Istana, Danny berkumpul bersama lima belas walikota dan bupati, sepuluh gubernur, serta sejumlah menteri di kabinet kerja Jokowi - JK.

Wali Kota Danny, memaparkan geliat pertumbuhan properti di Makassar sangat memungkinkan bagi kota ini menjadi pilot project dari kebijakan DIRE. Pasalnya, Makassar menjadi salah satu kota yang memiliki ketahanan ekonomi. Di saat sebagian besar kota - kota di Indonesia mengalami penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi, Makassar justru mampu bertahan pada angka pertumbuhan ekonomi 7,2 - 7,8 persen di tahun 2016 (Data BI, 2016). Olehnya itu, menurut Danny Makassar bisa menjadi magnet bagi investor bidang properti.

"Makassar siap menjadi contoh penerapan DIRE di Indonesia," Danny menegaskan.

Di rapat tersebut Presiden mengarahkan seputar fasilitas BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) bagi penerbitan DIRE. Fasilitas ini merupakan salah satu kebijakan dalam Paket Kebijakan Ekonomi XI yang diterbitkan akhir Maret 2016, berupa penurunan tarif Pajak Penghasilan (PPh) final dan tarif BPHTB selama beberapa tahun.

Adanya kebijakan ini memungkinkan perusahaan yang menerbitkan DIRE mendapatkan fasilitas pemotongan tarif pajak penghasilan final hingga 0,5 persen dari tarif normal 5 persen melalui penerbitan Peraturan Pemerintah mengenai Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Pengalihan Real Estat dalam skema kontrak investasi kolektif tertentu.  

Selain itu, tanah dan bangunan yang menjadi aset DIRE akan mendapatkan fasilitas penurunan tarif BPHTB dari maksimum 5 persen menjadi 1 persen yang diatur dalam Peraturan Pemerintah mengenai Insentif dan Kemudahan Investasi di Daerah. Bagi daerah yang nantinya menerapkan DIRE akan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) untuk mendukung pelaksanaan DIRE di daerahnya.

DIRE dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah REIT (Real Estate Investment Trust) adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan pada aset real estat (properti). Reksa dana jenis DIRE akan digunakan untuk membeli tanah, bangunan, gedung, perkantoran, hotel, apartemen, rumah sakit, saham dan obligasi perusahaan pengembang yang dikelola secara profesional oleh manajer investasi untuk dikembangkan ke dalam properti.

Hadir dalam pertemuan tersebut Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri ATR/Kepala BNN Ferry Mulsidan Baldan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri LHK Siti Nurbaya dan Gubernur BI Agus Martowardojo.

Sementara itu, di deretan wali kota, bersama Wali Kota Danny, diantaranya Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Wali Kota Denpasar A A Gede Geriya, dan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. (NIA)

(AP)
  1. Infrastruktur
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA