1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Makassar wakili Asia-Pasifik di ajang IBM Smart City Challenges

Direkomendasikan bersama salah satu kota di Maladewa

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 31 Maret 2017 13:28

Merdeka.com, Makassar - The United Nations Development Programme (UNDP) Jakarta merekomendasikan kota Makassar untuk diikutkan pada International Business Machine (IBM) Smart City Challenges 2017.

Makassar jadi satu dari dua kota di Asia Pasifik yang diajukan Lembaga jaringan pembangunan global Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) ini. Kota lainnya yakni salah satu kota yang berada di Maladewa.

UNDP menetapkan Makassar berdasarkan tiga faktor. Menurut salah satu staff UNDP Jakarta Siprianus Bate Soro, Indikator pertama karena melihat komitmen pembangunan Makassar ke arah smart city. Ke dua yakni komitmen kepemimpinan daerahnya, hal ini menurut dia menjadi indikator terpenting. Selanjutnya pada indikator ke tiga yakni dinamika masyarakat yang menginginkan perubahan yang lebih baik.

"Hasilnya kita lihat, Makassar dan salah satu kota di Maladewa kita rekomendasikan pada IBM Smart City challenges round 2 ini," kata Siprianus.

Lebih lanjut Siprianus menyampaikan jika IBM adalah lembaga yang memiliki reputasi global. Jika Makassar dinilai bisa menjadi contoh terbaik, wali kotanya akan diminta untuk berbagi gagasan sehingga bisa menginspirasi kota- kota lain di dunia.

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto menyatakan masuknya Makassar sebagai salah satu kota di Indonesia pada IBM Smart City Challenges tidak lain karena inovasi smart city berbasis sombere.

"Inovasi smart city kita aplikasikan melalui layanan kesehatan dan pendidikan pada Makassar Smart Card, Makassar Home Care dan Makassar Student Smart Card yang kesemuanya itu telah digunakan masyarakat Makassar dalam kurun dua tahun terkahir," terangnya di Rumah Jabatan, Kamis (30/3). (NIA)

(AP)
  1. Inovasi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA