1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Pemkot Makassar bangun kerja sama dengan serikat buruh

Penjajakan kerja sama antara lain di bidang kesehatan dan kebersihan

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Rabu, 21 Juni 2017 13:53

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto mengungkapkan besarnya potensi kerja sama yang bisa disinergikan antara Pemerintah Kota Makassar dengan Kooperasi Persatuan Buruh Indonesia (KSPBI).

Danny mengatakan KSPBI adalah organisasi yang bakal mempu mengarungi keunggulan- keunggulan dan mempersiapkan diri mengambil peran di masa depan.

Wali kota berlatar belakang arsitek ini melihat Konsolidasi seluruh serikat buruh di Indonesia sangat baik. Hal ini akan memberi kemudahan yang diharapkan mampu membangun sinergitas dengan pemerintah memikirkan masalah- masalah perburuhan di Indonesia khususnya di kota Makassar.

"Konsolidasi buruh yang sangat baik ini akan memberi kemudahan bagi kita yang kemudian secara sinergitas bersama pemerintah kita majukan semua hal dalam perburuhan baik itu pada sektor koperasinya dan hal- hal yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah," kata Danny saat meresmikan kantor Kelompok Serikat Pekerja Buruh Indonesia di Jl. Sabutung, Selasa malam (20/6).

Beberapa hal yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah kota Makassar kata Danny seperti sektor kesehatan dan sektor kebersihan.

Menurut hemat Danny, Buruh adalah pekerja yang tersebar mulai dari pelabuhan, pusat- pusat perbelanjaan, hingga di industri- industri. Keberadaan tersebut bisa disinergikan dengan salah satu program pemerintah, Makassar ta Tidak Rantasa (MTR), sehingga mereka bisa menjadi agen- agen kebersihan di lingkungan kerja masing- masing.

Mereka bisa bekerja sama yang lebih produktif, misalnya program pemerintah yang sedang membangun Bulo (Badan Usaha Lorong) di lorong- lorong. Alangkah lebih baik lagi jika buruh bisa menjadi promotor Bulo di tempat kerjanya, dengan menanam lombok dan tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi lainnya.

"Hasilnya bisa kita jual agar menjadi penghasilan tambahan di samping juga kita bisa pakai untuk kebutuhan sehari- hari," katanya.

Hari ini Makassar menurut Danny telah berhasil menekan inflasi di kota Makassar menjadi deflasi salah satunya berkat program Bulo tersebut.

"Maka konsolidasi buruh seperti ini dan hadirnya koperasi KSPBI memberi kita wadah agar mudah ber-networking demi kepentingan kita bersama ke depan," ucapnya lagi.

Hadir dalam kesempatan ini Mukhtar Guntur Ketua pengurus Pusat  Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan. (NIA)

(AP)
  1. Balai Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA