1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Seribu becak ramaikan karnaval merah putih

Selain menyemarakkan HUT RI, juga diharap mendekatkan unsur TNI dengan masyarakat

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Minggu, 14 Agustus 2016 14:17

Merdeka.com, Makassar - Sekitar 1.200 tukang becak dan becak motor, dengan kendaraannya tumpah ruah memadati Lapangan Hasanuddin di Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Minggu (14/8) pagi. Mereka  memeriahkan Karnaval Merah Putih Komunitas Becak yang digelar Kodam VII WIrabuana, dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

Pada karnaval tersebut, para peserta asal Makassar dan sekitarnya memamerkan hasil kreasi menghias becak dan bentor bertema kemerdekaan. Sebagian besar kendaraan dihias dengan warna dominan merah putih, khas bendera Indonesia.

“Becak, becak, becak, merah putih!,” demikian bunyi yel-yel yang diteriakkan para peserta karnaval.

Dari Lapangan Hasanuddin, para peserta menyusuri jalan sepanjang 7 kilometer sebelum kembali ke tempat yang sama. Mereka dilepas Inspektur Kodam VII Kolonel Kav Bueng Widardi. Dengan suka cita, para peserta menyapa warga yang turut memadati kawasan Car Free Day di Minggu pagi.

Kolonel Bueng mengatakan karnaval digelar khusus menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan RI. Sekaligus untuk menjalin silaturahmi antara masyarakat dengan prajurit TNI. “Kita ingin mendekatkan diri dengan masyarakat. Semua lapisan sudah kita sentuh. Yang belum ini daeng becak dan daeng bentor,” katanya.

Bueng yang membacakan amanat Panglima Kodam VII Mayjen TNI Agus Surya Bakti mengungkapkan bahwa cita-cita kemerdekaan untuk menjadi bangsa yang berdaulat masih terus diperjuangkan dengan mewujudkan dan memelihara kondisi keamanan agar berbagai potensi yang dapat mengganggu stabilitas keamanan, dapat diantisipasi secara bersama-sama.

“Harus disadari, bahwa dalam mengatasi berbagai hal, tidak mungkin dilakukan secara sendiri-sendiri. Sebaliknya harus bersatu dan saling bekerja sama dalam menyelesaikan masalah sekecil apapun, sehingga hasilnya akan lebih baik dan memberikan manfaat yang positif,” ujarnya.

“Dengan demikian, para komunitas becak dan Bentor sebagai salah satu elemen bangsa, hendaknya ikut berperan membantu pemerintah dan aparat keamanan dalam mewujudkan stabilitas keamanan dan kedamaian serta kerukunan di tengah-tengah masyarakat,” dia melanjutkan.

Pada kesempatan pihak Kodam VII menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap unsur dan komponen masyarakat, yang selama ini dianggap membantu tugas pokok maupun upaya-upaya membantu pemerintah daerah dalam pembangunan.

Sebagai ikatan tali asih Kodam Wirabuana memberikan Sembako kepada seluruh peserta karnaval.

(AP)
  1. HUT RI
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA