1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Wakapolda Sulsel jamin aksi 4 november di Makassar aman

Demonstrasi diperkirakan berlangsung di sembilan titik

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 03 November 2016 15:24

Merdeka.com, Makassar - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menjamin keamanan masyarakat selama berlangsungnya aksi demonstrasi kelompok solidaritas umat Islam di Makassar pada Jumat (4/11) besok.

Diketahui, aksi demonstrasi besar-besaran 4 November diperkirakan juga akan terjadi di Makassar. Seperti di Jakarta, demo yang dikenal dengan Aksi Bela Islam sebagai bentuk solidaritas kelompok umat Islam untuk mendesak kepolisian menetapkan Basuki Tjahaja Kumala atau Ahok sebagai tersangka penistaan agama.

Wakil Kepala Polda Sulsel Brigadir Jenderal Gatot Eddy Pramono mengatakan pihaknya telah berdialog dengan komponen-komponen utama yang akan turut serta dalam unjuk rasa di jalanan. Dalam pertemuan tersebut, mereka, kata Gatot, menjamin aksi berlangsung aman dan damai.

"Masyarakat tidak usah khawatir dan gelisah. Percayakan semua pada aparat keamanan dalam rangka menjamin berjalannya kegiatan aksi unjuk rasa," kata Brigjen Gatot seperti dikutip dari laman resmi Polda Sulsel, Kamis (3/11).

Diberitakan sebelumnya Polda Sulsel mempersiapkan sebanyak 2.332 personel tanpa senjata untuk mengawal aksi demonstrasi. Mereka dikerahkan dari berbagai satuan.

Kepala Sub Bagian Humas Polrestabes Makassar Komisaris Burhanuddin mengungkapkan berdasarkan data intelijen, aksi demonstrasi 4 November akan berlangsung di sembilan titik. Titik utama di Kantor Gubernur Sulsel, selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat. Adapun titik lain adalah Kantor DPRD serta titik keramaian seperti Fly Over jalan Urip Sumoharjo.

Adapun massa diperkirakan akan bergerak dari titik kumpul, utamanya di Masjid Al Markaz Al Islami di jalan Masjid Raya. "Puncak aksi akan berlangsung usai pelaksanaan salat Jumat," ujarnya.

(AP)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA