1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Wali kota Makassar boyong dua penghargaan nasional

Inspirasi pembangunan kini lahir sebagian besar dari luar Jawa

©2017 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Selasa, 04 April 2017 15:40

Merdeka.com, Makassar - Satu lagi prestasi ditorehkan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto. Dia memboyong dua penghargaan sekaligus pada ajang penghargaan nasional Sindo Weekly Government Award 2017, yang digelar di Flores Ballroom, Borobudur Hotel, Jakarta, Selasa (4/4).
Dalam kesempatan yang sama, juga diberikan penghargaan kepada 21 Pemimpin Daerah Kabupaten dan 13 Wali Kota pada kategori program inovasi.

Makassar meraih penghargaan dengan program inovasi layanan publik. Empat kepala daerah provinsi juga meraih kategori yang sama yakni Provinsi Jambi pada jaminan sosial kesehatan, Jawa Barat untuk pariwisata, Jawa Timur pada investasi, dan Maluku pada bidang toleransi dan keberagaman.

Selain itu, Makassar juga berhasil memperoleh penghargaan yang paling bergengsi pada ajang Sindo Weekly Award 2017 ini yakni Kepala Daerah Inspiratif.

Untuk kategori khusus ini hanya diberikan kepada enam gubernur, tiga Wali Kota, dan lima kabupaten. Ada pun ke tiga kota yang dimaksud yakni Makassar, Bandung, dan Surabaya.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara menyampaikan apresiasi mendalam. Dirinya mengaku bangga karena inspirasi pembangunan kini justru lahir sebagian besar dari luar Jawa.

"Ini tentu kemajuan yang sangat membagakan karena yang memberi inspirasi itu justru kebayakan dari luar Jawa. Jadi tidak lagi Jawa sentris atau Jakarta sentris," ucapnya dalam sambutannya pada award yang telah dilakukan selama empat tahun ini.

Menteri Rudiantara mengatakan inilah ciri program strategis nasional, bukan lagi top bottom, tapi gubernur, bupati, dan wali kota diundang presentasi program unggulan untuk pembangun secara nasional.

Sekaitan dengan penghargaan ini Pimpinan Redaksi Sindo Weekly Magazine Sururi Al Faruq mengatakan Kepala Daerah Kota, Kabupaten, dan Provinsi yang diundang malam itu adalah Kepala daerah berprestasi, Change leaders, Pemimpin yang dapat memperbaiki rakyat dan masa depan. Terlebih kepada 14 kepala daerah peraih penghargaan khusus dengan kepemipinan yang menginspirasi.

"Tidak menggunakan kekuasaan untuk mengimpresi serta tidak meninggalkan kerusakan di daerah yang dipimpinnya," katanya.

Selain Menteri Rudiantara, hadir pula Chairman dan CEO MNC Group Hary Tanoesudibjo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, dan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sonny Sumarsono. Penganugerahan Sindo Weekly Award 2017 ini diserahkan langsung oleh Hary Tanoesudibjo dan Menteri Eko Putro Sandjojo.

Sementara itu, Sonny Sumarsono menjelaskan jika penganugerahan ini betul- betul melalui proses dan seleksi yang ketat dan melibatkan banyak unsur, termasuk di dalamnya Kementerian Dalam Negeri.

"Jadi kalau ada kepala daerah di sini yang ikut Pilkada 2018 nanti, sudah punya amunisi tambahan. Tidak perlu capek- capek teriak kami hebat saat kampanye, karena sertifikat dan penghargaan ini sudah membuktikan anda adalah pemimpin pilihan, kebanggaan, yang telah mendapat pengakuan warga yang anda pimpin," tuturnya.

Sementara Wali Kota Danny Pomanto berharap ini bisa jadi pemicu untuk kerja lebih baik lagi dan menginspirasi kepala daerah yang belum berkesempatan meraih penghargaan ini.

"Semoga ini bisa menjadi pemicu dan memberi motivasi kepala daerah yang lain yang belum berkesempatan mendapat award ini," tutupnya.

(AP)
  1. Penghargaan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA