1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Kandungan alami air putih ampuh cegah flu

Juga bisa membantu mengeluarkan virus dan bakteri dengan lebih cepat

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 09 Juli 2016 18:35

Merdeka.com, Makassar - Beberapa hari belakangan sejumlah wilayah Indonesia dilanda cuaca ekstrem. Hujan deras yang diselingi cuaca terik merupakan imbas adanya siklon tropis.

Memang, cuaca yang ekstrim telah menjadi hal yang cukup normal untuk kita dapatkan setiap tahunnya. Sayangnya, kondisi cuaca yang semakin tidak menentu ternyata bisa membuat kita mengalami sakit flu.

Flu kerap kali dianggap sebagai penyakit yang sepele karena obatnya bahkan bisa didapatkan di warung-warung terdekat. Namun, jangan salah, penyakit yang tidak mengenal usia dan jenis kelamin ini bisa menjadi penyakit yang sangat menyiksa dan mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Lantas, adakah cara untuk mencegah munculnya penyakit flu ini?

Dilansir dari laman berita Dailymail, flu ternyata tidak hanya membuat kita batuk dan pilek, namun bisa menurunkan sistem pertahanan tubuh dan membuat kita terserang penyakit lain yang berbahaya. Pakar kesehatan khusus telinga hidung tenggorokan (THT) yang berasal dari Amerika Serikat bernama dr. David Lewis mengungkapkan jika cara paling efektif untuk mencegah munculnya penyakit ini ternyata sangatlah mudah, yakni dengan air putih. Menurut dr. Lewis, minum air putih dengan banyak diketahui bahkan mampu menyembuhkan penyakit flu.

Menurut dr. Lewis, air putih ternyata memiliki kandungan alami yang sangat baik dalam membuat sistem kekebalan tubuh kita lebih baik dan peredaran darah menjadi lebih lancar. Hal ini berarti selain bisa semakin baik menangkal virus dan bakteri penyebab flu, jika kita sudah terserang flu, maka kita pun bisa mengeluarkan virus dan bakteri ini dengan lebih cepat.

Sebuah penelitian yang melibatkan 2.000 responden menunjukkan sebuah fakta menarik dimana mereka yang kekurangan cairan tubuh akan cenderung lebih mudah terserang flu. Kelompok yang hanya mengkonsumsi air putih 3-5 gelas saja per harinya akan jauh lebih rentan terkena penyakit ini jika dibandingkan dengan kelompok yang rutin meminum air putih 8 gelas atau lebih setiap harinya.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA