1. MAKASSAR
  2. GAYA HIDUP

Mengenal manfaat gula aren, si manis rendah kalori

Pemanis berwarna merah ini juga mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Sabtu, 19 November 2016 14:10

Merdeka.com, Makassar - Gula aren sudah dikenal oleh masyarakat nusantara sebagai bahan pemanis alternatif gula pasir. Gula alami ini dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon keluarga palem, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

Berbeda dengan gula pasir, gula aren berwarna khas merah dan tekstur kasar bukan kristal. Karenanya pemanis ini dikenal juga dengan nama gula merah.

Gula aren, turun temurun sudah menjadi bahan konsumsi utama di berbagai daerah Indonesia. Biasanya digunakan sebagai bahan pemanis makanan dan minuman. Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal mengungkapkan, dia terbiasa menambahkan gula aren ke dalam kopinya. "Karena kalau konsumsi gula pasir berlebihan bisa memicu diabetes," katanya.

Lalu, apakah gula aren aman dari potensi diabetes? Apa pula manfaat lainnya? Berikut beberapa di antaranya, yang dirangkum dari manfaat.co:

Pemanis rendah kalori

Saat ini banyak orang yang menghindari gula putih karena dianggap memiliki kalori yang terlalu tinggi dan dapat menyebabkan obesitas, hingga diabetes. Berbeda dengan gula putih, gula aren masih aman untuk dikonsumsi dalam batasan yang wajar. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalori pada gula merah yang relatif jauh lebih rendah.

Penambah tenaga

Meskipun tidak cukup tinggi, namun kalori pada gula aren mampu memberikan tenaga dan energi yang cukup. Biasanya para pendaki gunung membawa bekal gula aren untuk menambah energi dan tenaga mereka ketika lelah dalam melakukan perjalanan.

Mencegah anemia

Gula aren memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya mencegah anemia. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi pada gula aren yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah kekurangan darah. Dengan tercukupinya kandungan darah, maka tubuh kita akan terhindar dari gejala–gejala anemia, seperti 5L (lemah, lelah, letih, lesu, lemas).

Memperlancar peredaran darah

Dengan lancarnya peredaran darah, maka tubuh mampu terhindar dari berbagai macam gangguan yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Di antaranya, suplai oksigen ke otak berkurang, mengakibatkan menurunnya konsentrasi dan daya pikir, kerja jantung yang lebih berat, dan gangguan organ yang membuat tubuh terasa cepat lelah.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan yang ada pada gula aren mampu menjadi pemicu naiknya imunitas. Dengan terjaga dan meningkatnya daya tahan tubuh, maka Anda akan sulit terserang penyakit, selalu merasa segar dalam beraktivitas, tidak mudah lelah, dan kerja fungsi organ tubuh optimal.

Menjaga kadar kolestrol

Salah satu kandungan penting dari gula aren, yaitu kandungan niacin, yang mampu menjaga kadar kolesterol tubuh. Hal ini berarti kondisi kadar kolesterol tubuh yang tinggi akan segera normal kembali dengan mengkonsumsi gula aren. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan sangat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh, antara lain gangguan diabetes, jantung koroner, stroke, asam urat, dan sesak nafas.

(AP)
  1. Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA