1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Enam negara bersaing di festival perahu naga Makassar

Berhadiah total Rp 300 Juta

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Jum'at, 04 November 2016 15:29

Merdeka.com, Makassar - Wali Kota Makassar Danny Pomanto membuka Losari Dragon Boat International Festival di pantai Losari Makassar, Jumat (4/11). Kejuaraan tersebut diikuti total 16 tim asal enam negara.

Peserta antara lain berasal dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, dan Jerman. Mereka akan bertanding selama tiga hari, hingga Minggu (6/11).

Kejuaraan dan festival perahu naga merupakan agenda tahunan yang digelar di Makassar sejak 2012. Pada tahun ini, kegiatan digelar sebagai penyemarak hari jadi kota Makassar ke-409. Wali Kota Danny menyebut kualitas penyelenggaraannya meningkat dari tahun ke tahun.

"Makassar sangat potensial untuk mengembangkan olah raga air. Adanya festival ini dapat mengisi ruang laut kita dengan kegiatan yang sekaligus mampu mempromosikan kekayaan laut Makassar," kata Danny.

Antusiasme peserta yang tidak hanya berasal dari dalam negeri, Danny melanjutkan, menunjukkan apresiasi yang sangat baik dari negara peserta. Sekaligus menandakan Makassar telah dikenal sebagai "water front city" serta salah satu kota penyelenggara event olahraga air berskala internasional.

Pembukaan Losari Internasional Festival Dragon Boat ditandai dengan penabuhan gendang oleh Wali Kota Danny bersama wakilnya Syamsu Rizal dan segenap pejabat Pemkot Makassar.

Defile negara dan kota peserta menjadi salah satu pertunjukan pembukaan Losari Internasional Festival Dragon Boat di Anjungan Pantai Losari. Penampilan Yulinar Arif Puteri Indonesia Sulsel 2016 yang membuka defile dengan kostum sutra sengkang dan pinisi di punggung memberikan kesan meriah pada pembukaan festival.

Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sulsel Anwar Tjahyadi mengungkapkan, pada kejuaraan ini sekitar 200 atlet bakal bersaing memperebutkan gelar juara di berbagai kelas yang diperlombakan. “Total hadiahnya mencapai Rp 300 Juta,” kata Anwar. (NIA)

(AP)
  1. Olahraga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA