1. MAKASSAR
  2. KABAR MAKASSAR

Tiga menteri hadir di Pomnas XV Makassar

Sebanyak 14 cabang olahraga dipertandingkan

©2016 Merdeka.com Editor : Aan Pranata | Kamis, 12 Oktober 2017 10:07

Merdeka.com, Makassar - Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XV digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, 14-21 Oktober 2017. Selama kejuaraan tersebut, tiga menteri dijadwalkan hadir menyaksikan persaingan para kontingen.

Humas Pomnas XV Ahmad Bahar mengatakan, menteri yang dimaksud masing-masing Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pendidikan Nasional Muhadjir Effendy , dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Universitas Hasanuddin sebagai tuan rumah berbangga karena akan ada tiga menteri yang siap hadir,” kata Bahar di Makassar.

Pada Pomnas tahun ini, panitia penyelenggara membuka 14 cabang olahraga untuk peserta dari seluruh Indonesia.

Ketua Umum Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Sulawesi Selatan Abdul Rasyid mengungkapkan, Sulsel menjadi tuan rumah Pomnas untuk kali kedua. Sebelumnya, Kota Daeng menggelar Pomnas IV di tahun 1994. Selain Makassar, baru Yogyakarta yang dua kali bertindak tuan rumah.

"Tahun ini kita menetapkan tema kebersamaan dalam membina olahraga mahasiswa meraih prestasi pada pomnas XV 2017," kata Abdul Rasyid pada peresmian Sekretariat Pomnas di Kampus Unhas jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Sulsel, Sabtu 11 Maret 2017.

Rasyid menjelaskan, 14 cabang olahraga pada Pomnas XV terbagi atas sejumlah kategori. Ada dua olahraga wajib, yakni atletik dan renang. Olahraga  bela diri terdiri atas pencak silat, karate, kempo, dan tarung derajat. Olahraga permainan dibagi atas bola voli, bola basket, futsal, dan sepak takraw.

Pada kategori raket, panitia membuka cabang tenis lapangan dan bulutangkis. Lalu ada dua kategori konsentrasi, yakni petanque dan catur. "Kita juga buka dua kelas eksebisi, yakni selam dan gateball," ujar Rasyid.

(AP)
  1. Olahraga
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA